oleh

“Sikammung” Menyambut Gerhana Matahari Di Sulbar

banner 728x90

 

Gelaran Akbar “Sikammung” Menanti Gerhana Matahari Di Sulbar
Warkshop menyambut Festival Gerhana Matahari, dipimpin oleh Irvan Basri Inisiator Inspirasi 2085

 

Katinting.com, Mamuju – Provinsi Sulawesi Barat menjadi salah satu daerah yang akan dilalui proses gerhana matahari total pada bulan Maret nanti. Disejumlah daerah kesempatan tersebut dijadikan sebuah momentum untuk dapat menarik wisatawan dengan menggelar event. Tidak terkecuali Sulawesi Barat pada tahun ini oleh inisiator Inspirasi 2085 juga menyiapkan suatu gelaran akbar, event Festival Gerhana Matahari “Sikammung”.

 

Irvan Basri, Inspirator kegiatan ini, menjelaskan Festival Gerhana Matahari “Sikammung” merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membangun semangat kolektif baru yang didasari oleh sprit lama yang sudah tumbuh dan mekar menjadi fondasi kehidupan masyarakat Sulbar sejak awal.

 

“Sikammung ini merupakan satu arena mengkonsolidasikan, persatuan, persaudaraan dan kerja-kerja kebudayaan kemanusiaan di Sulbar yang diharapkan bisa memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung terhadap Sulbar. Nah, di Sulbar sendiri kami mendorong kegiatan ini diinisiatifi oleh komunitas-komintas seni, sastra, dan budaya dalam bentuk event seni dan budaya,” terang Irvan Basri.

 

Festival gerhana matahari ini, bakal melibatkan semua komunitas budaya, seni dan sastra dari semua kabupaten yang ada di Sulbar, sehingga bisa dipastikan event ini bakal menjadi besar dan meriah saat peristiwa gerhana matahari nanti.

 

“Kami ingin membuat penyelarasan antara alam dan manusia, serta segala macam perikebudayaan, perikebangsaan yang ada di Sulbar ini,” jelasnya Irvan Basri, yang juga panitia Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) yang melintasi Sulawesi Barat beberapa waktu.

 

Kenapa mesti sikammung? Menurut Irvan, ada situasi yang memprihatinkan sedang berlangsung, dimana kondisi tertentu menunjukan solidaritas sosial dan solidaritas budaya serta kohesi kebudayaan tidak terjadi secara maksimal, kemudian ada banyak krisis multi dimensi dengan indikator multi dimensi pula tengah berlangsung di Sulbar.

 

Dengan kegiatan Sikammung ini diharapkan secara praktis Sulbar telah memiliki rumusan agenda wisata tahunan dalam membangun dan mengembangkan dunia pariwisatanya, kemudian diharapkan pula kedepan Sulbar lebih fokus mengelola energi positif dan mengurangi benturan-benturan yang tidak produktif , serta kompetisi-kompetisi yang sifatnya merusak.

 

“Jadi secara gagasan besarnya pelaksana kegiatan ini adalah bagian dari spirit besar yang didorong oleh Inspirasi 2085, dimana pelaksana teknisnya kami serahkan kepada event organizer (eo). Kami juga sedang menunggu sinergi dengan pemerintah kabupaten dan Pemprov Sulbar, agar ini bisa dijadikan agenda bersama dan bukan hanya agenda kami,” pungkasnya. (Joni)

Bagikan