Suasana pelayanan kesehatan di sarana kesehatan di Mamuju Tengah. (Dok. M Yasin)
banner 728x90

Mateng, Katinting.com – Untuk program bantuan pembiayaan kesehatan bagi warga kurang mampu penerima BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Mamuju Tengah, Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, mengalokasikan anggaran sebesar Rp.16 Miliar.

Anggaran sebesar Rp.16,7 M tersebut, diperuntukan kuota warga kurang mampu sebanyak 36 ribu orang peserta, dan diambil dari APBD Mamuju Tengah, tahun 2021.

Saat dihubungi, Kepala Dinas Sosial Mamuju Tengah, Asmira Djamal, menyampaikan bahwa pada tahun 2020 lalu peserta BPJS PBI dalam APBD tercatan sebanyak 35.065, karena pengelolaannya berada di Dinas Kesehatan, maka Ia meminta laman ini menghubungi Dinas Kesehatan Mamuju Tengah.

“Jadi tahun 2020 itu, sebanyak 34.065 orang peserta BPJS PBI yang kami cover, namun untuk tahun 2021 ini, kami belum mendapatkan informasi dari Dinkes, karena pengelolaan dan perhitungannya ada disana,” papar Asmira.

Mantan Kadis Pariwisata Mamuju Tengah ini, menuturkan bahwa teruntuk peserta BPJS PBI yang bersumber dari APBD Propinsi Sulbar, sampai saat ini belum ada kepastian.

“Untuk Mamuju Tengah, jumlah peserta BPJS Kesehatan PBI yang kehilangan haknya, karena Pemprop belum anggarkan sebanyak 9.825 orang,” tutur Asmira.

Namun pihaknya di Kabupaten, akan terus mengupayakan agar kiranya Pemprop dapat merealisasikan kembali anggaran untuk peserta BPJS PBI tanggungan Pemprop, sehingga peserta yang di non aktivkan kepesertaannya, sejak Januari, dapat kembali menikmati haknya sebagai peserta BPJS PBI.

“Tentu ini, menjadi harapan besar kami di Kabupaten, sebab jumlah peserta BPJS PBI yang kehilangan haknya saat ini, cukup besar untuk Mamuju Tengah, diatas 9 ribuan lebih, karenanya, kami terus mengkoordinasikan ini ke Pemprop Sulbar,” ujar Asmira.

Sementara itu, sumber laman ini di Dinkes Mamuju Tengah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Mardan, membenarkan bahwa kuota BPJS PBI untuk Mamuju Tengah, tahun 2021 dari APBD, berjumlah 35 ribu orang, dengan alokasi anggaran yang ditetapkan sebanyak Rp.16,7 M.

“Ia dari pengelola data kami dapatkan informasi, bahwa kuota peserta BPJS PBI untuk Mamuju Tengah, berjumlah 36 ribu, dengan rincian anggaran yang disiapkan Rp.16,749.957.000,” singkat Mardan.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here