banner 728x90

Tekankan Netralitas ASN, Carlo Kunjungi Pembangunan di Mateng

267 views

Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu memberikan arahan saat melakukan silaturahmi dengan jajaran Pemkab Mateng

Mamuju, Katinting.com – Kabupaten Mateng merupakan kabupaten keempat yang dikunjungi oleh Pj. Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu sejak dilantik 30 Desember 2016 kemarin.

Pada saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mateng, Kamis (19/01), Carlo B Tewu menyempatkan melakukan pantauan pelaksanaan pembangunan PLTU Mamuju di Gelang-gelang yang kemudian dilanjutkan dengan tatap muka dengan jajaran pejabat Pemkab Mateng serta aparatur sipil negara (ASN) Mateng.

Carlo menekankan kepada ASN untuk mengedepankan netralitas dalam menghadapi Pemilukada yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang.

Dikemukakan, kehadirannya di Sulbar sebagai Pj.Gubernur Sulbar selain menjalankan fungsi sebagai Gubernur, ada dua hal yang ditekankan oleh Mendagri saat dirinya dilantik  yakni melakukan efektivitas pemerintahan dan pemilukada.

“Terkait Pilkada, Pemprov, KPU dan Bawaslu Sulbar sudah  melakukan koordinasi, yakni netralitas ASN. Karena, sesuai, angka yang muncul disana, ada beberapa puluh kasus yang terjadi dan terdapat dua kasus yang diproses di pengadilan dan itu terjadi pada salah satu ASN dan Kades. Saya harapkan pada ASN itu tidak terjadi lagi, sehingga ASN harus netral dalam menghadapi Pilkada. Apalagi sudah ada instruksi yang dikeluarkan oleh Gubernur kepada ASN untuk netral dalam pilkada,” kata Carlo.

Terkait Pilkada, lebih lanjut dikemukakan, bahwa distribusi logistik sudah ada. Tinggal  bagaimana strategi dari unsur pengamanan agar surat suara sampai dengan aman, rekrutmen KPPS karena ada syarat KPPS  tidak boleh lebih dari dua kali, hal lain dimungkinkan surat tersebut disalahgunakan. Untuk permasalahan tersebut, Pemprov akan mengundang Disdukcapil kabupaten untuk melakukan langkah-langkah agar surat suara tidak disalahgunakan.

“Kita ingin pesta demokrasi yang berkualitas dan tidak terjadi kecurangan serta terwujud Pilkada yang bermartabat. Kalau ini bisa dilakukan yakin apa yang dicita-citakan di Sulbar bisa tercapai,” harap Carlo.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga melakukan sesi dialog dan menjawab beberapa pertanyaan dari peserta.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah membentuk tim saber pungli.Untuk itu ditekankan tidak ada lagi pungli apalagi yang dilakukan ASN.

Pada kunker tersebut, Gubernur didampingi unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemprov Sulbar juga berkesempatan melakukan pantauan di Pasar Topoyo dan pembangunan Kantor Bupati Mateng. (ADV/Humas)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.