Tampak warga yang antusias melakukan perekaman E-KTP di Kecamatan Dapurang. (FB/Ndi)
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu secara maraton sambangi warga di desa untuk lakukan perekaman E-KTP.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pelayanan KTP elektronik lebih dijangkau warga dan tidak harus ke ibukota Pasangkayu. Selain itu, untuk memastikan warga yang telah memenuhi syarat dapat menyalurkan pilihannya pada Pemilu 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Dukcapil, I Made menyampaikan, kegiatan yang mereka lakukan sebagai peningkatan pelayanan bagi warga yang wajib E-KTP dan juga lebih khusus jelang pemilu dimana E-KTP merupakan salah satu syarat menyalurkan hak suaranya.

“Sesuai data Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari KPU yang telah disampaikan akhir Juli kemarin, masih terdapat 88.975 pemilih petensial e-KTP sebanyak 56.973. Dan masih terdapat ribuan warga yang belum melakukan perekaman,” kata Made. Selasa (14/8).

Sambung Made, berdasarkan jadwal perwilayah kecamatan, saat ini tim Dukcapil Pasangkayu berada di Kecamatan Dapurang untuk beberapa hari. Yang sebelumnya dikoordinasikan ke Camat, lurah, dan kepala desa.

Terkait dengan masih banyaknya warga yang belum melakukan perekaman E-KTP dia mengatakan, karena saat ini juga setiap hari ada warga yang bertambah usia. “Usia terus bertambah, jadi warga yang wajib E-KTP juga ada peningkatan,” terangnya.

Namun pihaknya sangat optimis para wajib E-KTP semua bakal menerima fisik dari KTP tersebut.

Dihubungi via telepon selulernya, Camat Dapurang, Syamsudin Noor mengukapkan, keterlibatan pemerintah kecamatan, lurah dan desa sangat membantu maksimalisasi perekaman e-KTP hingga ke pelosok desa.

“Saat ini kan Dukcapil programkan perekaman e-KTP hingga kepelosok, saya yakin tanpa bantuan pemerintahan kebawah tidak akan maksimal. Kan pak desa yang tau persis berapa dan siapa warganya yang sudah berumur diatas 17 tahun yang belum ber KTP,” singkat Syamsudin.

(Ndi/Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...