banner 728x90

Dugaan Ada Penyimpangan, Ombudsman Periksa Kepala Disdukcapil Mateng

banner 728x90
OMbudsman saat mengklarifikasi Disdukcapil Mateng

OMbudsman saat mengklarifikasi Disdukcapil Mateng

Mamuju, Katinting.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kabupaten Mamuju Tengah, (10/06/2016) menghadiri pemeriksaan diKantor Ombudsman Perwakilan Sulawesi barat, atas dugaan penyimpangan prosedur penginputan data kependudukan pada data base kependudukan Disdukcapil Kabupaten Mamuju Tengah.

Kasus ini terungkap setelah salah seorang masyarakat Kabupaten Mamuju Tengah berinsisial A-M melaporkan Disdukcapil Mateng, karena namanya tidak terdaftar dalam Server Data Konsolidasi Bersih Milik Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, sehingga tidak bisa mengikuti Proses Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten Mamuju Tengah.

Plt. Kepala Disdukcapil Mamuju Tengah, Safri mengatakan. Sebelumnya Proses Registrasi dan Penginputan Data Kependudukan di Kabupaten Mamuju Tengah, dilakukan di Disdukcapil Mamuju Induk dan penyerahan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil  Kabupaten Mamuju Tengah dari Kabupaten Mamuju induk pada tanggal 12 April 2016. Namun setelah dilakukan pengecekan ternyata terdapat beberapa nama warga Mamuju Tengah yang tidak terdaftar server data konsolidasi bersih milik dirjen kependudukan dan pencatatan sipil kementrian dalam negeri.

“Sebelumnya proses pencacatan dan penginputan data kependudukan dilaksanakan di Mamuju induk, karena Mamuju Tengah ini kan daerah baru terbentuk pak, jadi penyerahannya baru 12 April 2016, setelah diverifikasi ulang ternyata masih terdapat sejumlah data warga Mateng tidak terdaftar” ungkap Safri.

Safri juga mengakui jika pihaknya belum menindaklanjuti masalah ini ke Disdukcapil Mamuju induk.

Bagian tenaga administrasi Disdukcapil Mamuju Tengah mengakui pada saat Timsel Panwas Mamuju Tengah melakukan konfirmasi ke Disdukcapil Mamuju Tengah, ia tidak memberikan penjelasan  sebab sebelumnya A-M  juga tidak pernah melaporkan ke Disdukcapil terkait masalah ini.

Atas masalah itu, kepala perwakilan Ombudsman Sulawesi Barat, Lukman Umar, S Pd. M.Si. Memberikan saran perbaikan kepada Plt Disdukcapil Mamuju Tengah agar melakukan proses tindaklanjut melalui koordinasi dengan Disdukcapil Mamuju induk, agar data masyarakat yang belum terdaftar di server data konsolidasi bersih milik dirjen kependudukan dan pencatatan sipil kementrian dalam negeri segera diselesaikan.

“Kami sarankan pihak Disdukcapil Mateng segera melakukan upaya tindaklanjut untuk menyelesaikan masalah ini, sebab ini adalah bentuk kelalaian yang merugikan masyarakat,” terang Lukman.

Secara tegas Lukman mengaku akan memantau kasus ini hinga tuntas, bahkan dalam waktu dekat pihak Ombudsman akan melakukan monitoring ke kantor Disdukcapil Mateng untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan  pencatatan data kependudukan di Mamuju Tengah.

“Selaku lembaga Negara yang diamanahi melakukan pengawasan layanan publik dan pencegahan maladministrasi kami akan mengawal kasus hingga tuntas, bahkan dalam waktu dekat kami akan melakukan supervisi ke kantor Disdukcapil Mamuju Tengah,” tutup Lukman. (Hms)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.