Alumni santri NU se-kota Makassar saat menggelar aksi unjuk rasa di Universitas Islam Makassar. (Dok. Ist)
banner 728x90

Makassar, Katinting.com – Alumni santri NU se-kota Makassar menggelar aksi unjuk rasa di Universitas Islam Makassar, Senin (25/7/22).

Mereka memprotes kebijakan Rektor UIM, Dr Hj Majdah M. Zain yang memecat Dekan Fakultas Agama Islam, Afifuddin Harisah yang akrab disapa Kiai Afif, secara mendadak serta tanpa alasan jelas.

“Kami meminta pihak UlM dalam hal ini pimpinan, meminta maaf kepada Kiai kami, Hal ini penting untuk mengembalikan nama baik Kiai kami. Kami juga mendesak kampus UIM melakukan restrukturasi organisasi,” kata Alumni Ponpes An-Nahdlah, Syawir yang juga Wakil Ketua Bidang Keagamaan KNPI, Kota Makassar.

Menurut Syawir, Dr Hj Majdah sendiri, diketahui telah memimpin UIM selama 3 periode. Hal itu juga yang menjadi sorotan bagi kalangan NU di Sulsel. “Ada kesan Rektor UIM berlaku tidak bijak dalam kasus penghentian Kiai Afif, padahal peran KiaiĀ Afif dalam kaderisasi NU di UIM sangat penting” lanjutnya.

Pemberhentian, Kiai Afif sebagai Dekan FAI menjadi kesan negatif di kalangan santri Pondok Pesantren An-Nahdlah. Apalagi, kata Syawir, proses pemecetan dilakukan secara tidak terhormat. Oleh karenanya, para santri meminta pihak UIM melakukan permintaan maaf secara terbuka.

“Kami kecewa, apalagi selama menjabat, Kiai Afif dikenal dengan pandangan-pandangannya yang sangat moderat. Itu hal yang sangat penting di Kampus NU,” ujarnya.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here