Kapolres Mamuju Tengah AKBP Amri Yudhy S, di dampingi Kasat Reskrim IPTU Fredy dan Kasie Humas Polres Mamuju Tengah IPTU Mustamir, saat menggelar konferensi perss kasus dugaan korupsi BLT di Desa Salugatta, Selasa 28 Februari 2023. (dok Ist)
banner 728x90

 

Mamuju Tengah, Katinting.com – Dihadapan belasan awak media, dalam rilis kasus dugaan korupsi Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Salugatta, Kecamatan Budong budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Kapolres Mamuju Tengah AKBP Amri Yudhy, mengungkapkan tiga tersangka menghadapi ancaman hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun penjara.

Baca juga : https://katinting.com/breaking-news-satreskrim-tetapkan-dan-tahan-tiga-tersangka-penyalagunaan-blt-desa-salugatta/

Ketiga tersangka adalah mantan Plt Kades Salugatta inisial S, mantan Sekertaris Desa inisial SY, dan mantan Kaur Keaungan Desa inisial ZS, saat telah di tahan di sel tahanan Mapolres Mamuju Tengah, setelah resmi dinaikan statusnya menjadi tersangka.

“Jadi peran ketiganya, bersama sama, menyebabkan kerugian negara mencapai Rp.198 juta, dari anggaran BLT Desa Salugatta, dan telah memenuhi unsur penyalagunaan dari BLT di Desa Salugatta” ungkap Amri.

Baca juga : https://katinting.com/dugaan-korupsi-blt-desa-salugatta-penyidik-janji-awal-tahun-2023-rilis/

Ditempat yang sama Kasat Reskrim Polres Mamuju Tengah IPTU Fredy, menyampaikan bahwa kasus penyalagunaan BLT di Salugatta, adalah kasus yang terjadi pada tahun 2021 lalu, dengan total anggaran mencapai Rp.228 juta.

“Akan tetapi dalam penyidikan ditemukan, yang mereka salurkan hanya Rp.93 juta dari total anggaran yang mesti mereka salurkan” ujar Fredy.

Karena ketiganya melakukan secara sengaja perbuatan melawan hukum, maka ketiganya telah patut di duga melakukan penyalagunaan penyelewengan BLT di Desa Salugatta, yang menyebabkan kerugian negara yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Terhadap ketiganya, di ancam minimal 1 tahun pidana penjara, dan maksimal 20 tahun, serta denda minimal Rp.50 juta dan maksimal Rp.1 miliar” beber Fredy.

Baca juga :https://katinting.com/penyelewengan-blt-di-salugatta-mantan-plt-kades-dan-mantan-sekdes-saling-tuding/

Sementara itu Ia juga menambahkan bahwa untuk kasus serupa di Desa lain, di Mamuju Tengah, patut di duga juga terjadi, karenanya pihaknya, menunggu hasil pemeriksaan inspektorat Mamuju Tengah, untuk mendapatkan kemungkinan adanya kerugian negara.

“Jadi untuk desa lain, dengan praktek penyelewengan yang sama, juga kami sedang dalami, namun kami tetap mengacu ke hasil pemeriksaan Inspektorat Mamuju Tengah, akan kemungkinan adanya temuan kerugian negara dan perbuatan melawan hukum” pungkas Fredy tanpa menyebutkan desa yang juga mereka sedang dalami. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here