banner 728x90

Tiga Strategi Bawaslu Pasangkayu Awasi Proses Coklit

banner 728x90

Nurliana saat memberikan arahan. (IST)

Pasangkayu, Katinting.com – Bawaslu Kabupaten Pasangkayu mengatur strategi pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih Pilkada 2020 dengan tiga strategi pengawasan.

Pertama melakukan pengawasan melekat secara bergilir terhadap PPDP, kedua melakukan observasi terhadap hasil Coklit PPDP untuk mendapatkan informasi, dan ketiga melakukan penelusuran dengan melakukan Faktual terhadap suatu objek untuk memperoleh hasil pengawasan yang akurat.

“Strategi tersebut dilakukan, mengingat kami Bawaslu dan jajaran pengawas dibawah tidak memiliki akses untuk menganalisis langsung data yang terdapat di A-KWK yang dikeluarkan oleh KPU,” tutur Nurliana.

Lanjut Nurliana menjelaskan, dari hasil pengawasan tersebut ditemukan ribuan daftar pemilih di A-KWK yang tidak ditemukan di lapangan dan dicoret oleh PPDP. Temuan lain adalah adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat pada pemilu 2019 kembali dicoklit pada Pilkada 2020.

“Banyak pemilih di A-KWK yang sama sekali bukan penduduk setempat, contoh di Kecamatan Dapurang desa Tirta Buana TPS 4, 5, 6 dan 7 yang daftar pemilih di A-KWK bukan penduduk setempat, ini hasil konfirmasi pengawas desa kepada PPDP, alhasil daftar pemilih di A-KWK tercoret seluruhnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Nurliana selaku kordinator pengawasan Bawaslu Kabupaten Pasangkayu menjelaskan, hasil pengawasan lain seperti adanya PPDP yang tidak memakai APD lengkap, dan terhadap temuan ini Pengawas Desa  dan ditindak lanjuti dengan menyarankan secara lisan kepada PPDP untuk mematuhi protokoler Covid.

“Dari laporan pengawas desa kami, bahwa terdapat PPDP yang tidak memaki APD lengkap dan ditindak lanjut dengan menyarankan secara lisan untuk mematuhi protokoler kesehatan Covid, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covin 19,” pungkasnya.

Tahapan pengawasan coklit berlangsung mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, sedangkan Pilkada akan digelar pada 9 Desember 2020.

Bawaslu berharap seluruh masyarakat Kabupaten Pasangkayu ikut mengawasi secara seksama tahapan Coklit yang dilakukan oleh PPDP. “Jika sampai hari ini belum di coklit maka segera adukan ke Pengawas desa atau langsung datang ke Posko Aduan yang disediakan oleh Panwascam di Sekertariat masing-masing,” pungkas Nurliana.

(Rls/Anhar)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tiga Strategi Bawaslu Pasangkayu Awasi Proses Coklit"