oleh

Sosialisasi Saber Pungli, Bupati; Kalau Ada Pungli, Sampaikan ke Saya langsung!

-Daerah-352 Dilihat
banner 728x90

Mamuju, Katinting,com – Pemerintah Kabupaten Mamuju terus berbenah dalam praktik Pemerintahan bebas korupsi.

Salah satu hal untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Mamuju menggelar Sosialisasi Saber Pungli Tingkat Kepala Sekolah SD dan Komite Sekolah pada hari Selasa, 12 hingga 13 April 2022, bekerja sama Polresta Mamuju dan Kodim 1418, yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Mamuju.

Dihadiri oleh sejumlah Kepala Sekolah Tingkat SD beserta Komite Sekolah, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi pada kesempatan itu menyampaikan keresahannya tentang maraknya praktik pungli di sekolah maupun di instansi pemerintahan. Dia berharap praktik semacam itu tidak terjadi di bawah kepemimpinannya di Pemkab Mamuju.

“Kalau ada staf atau oknum di Dinas Pendidikan yang meminta bayaran atau imbalan jika Bapak-Ibu mengurus sesuatu, sampaikan ke saya langsung!” tegas Bupati Mamuju.

Bupati juga mengingatkan agar penggunaan Dana BOS difokuskan pada kebutuhan siswa dan fasilitas belajar-mengajar, bukan untuk memenuhi kepentingan guru dan kepala sekolah.

Pungutan liar merupakan pengenaan biaya yang tidak seharusnya dikenakan atau dipungut karena tidak tercantum dalam aturan hukum.
Praktik pungli biasanya dilakukan oleh oknum di instansi yang menjadi fasilitator pengurusan suatu berkas, pencairan dana dan semacamnya dengan tujuan untuk memudahkan pengurusan tersebut.

Aturan hukum pungutan liar masuk ke pasal 368 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama 9 tahun.

(Diskominfosandi/AF/Zul)

Bagikan

Komentar