Kepala Perwakilan BKKBN Sulbrar, Rezky Murwanto (kanan) bersalaman dengan Pj. Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Rezky Murwanto, yang baru saja dikukuhkan sebagai kepala perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, berbagi strategi penanganan stunting dan program keluarga berencana (KB) dalam upaya menjaga kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat.

Rezky Murwanto memaparkan langkah-langkah konkret yang telah dilakukan sejak dirinya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala perwakilan BKKBN Sulawesi Barat.

“Sebelum menjadi kepala perwakilan BKKBN Sulbar, saya hampir 9 bulan menjadi Plt kepala perwakilan BKKBN Sulbar. Dan Alhamdulillah sudah banyak strategi yang sudah dilakukan,” ujar Rizky Murwanto, Selasa 26 Maret 2024.

Salah satu fokus utama adalah penurunan angka stunting, yang merupakan prioritas sesuai arahan Pj. Gubernur. Meskipun target awal adalah penurunan 10 persen dari angka stunting sebesar 35 persen, namun Sulawesi Barat berhasil mencapai penurunan sebesar 4,7 persen, tertinggi di Indonesia.

Rizky Murwanto juga menegaskan pentingnya program keluarga berencana dalam menjaga kualitas anak-anak di Sulawesi Barat. Salah satu langkah strategis yang akan digencarkan adalah penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang dan KB pasca persalinan.

“Kami akan menitikberatkan untuk anak yang berkualitas, salah satunya dengan penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang dan KB pasca persalinan. Kami akan menggencarkan kembali gerakan ketika ibu sudah melahirkan, langsung menggunakan alat kontrasepsi agar dapat menyusui anaknya sampai usia 2 tahun, sehingga bisa menghasilkan anak yang berkualitas,” ungkapnya.

Program ini juga didukung dengan kehadiran tim pendamping keluarga di lapangan, yang terdiri dari bidan, kantor PKK, dan kantor KB, yang siap menaungi keluarga seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan ibu-ibu yang memiliki balita.

“Program ini merupakan investasi jangka panjang. Kita tidak akan melihat hasilnya di dua atau tiga tahun, tapi kita lihat 5 sampai 10 tahun kedepan kita akan liat Sulbar lebih maju dengan berhasilnya program KB dan berhasilnya program penanganan stunting di Sulbar,” pungkas Rizky Murwanto.

Dengan komitmen yang kuat dan strategi yang terukur, diharapkan upaya bersama ini dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat dalam jangka panjang.

(Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here