oleh

PKM Sudah Punya SOP

banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Dalam beberapa hari ini, ada Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, yang menjadi sorotan, karena keluarga calon pasien keberatan, akibat calon pasien yang di bawanya, dianggap tidak mendapatkan pelayanan dari petugas di PKM sesuai standar pelayanan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju Tengah, memberikan penjelasan secara detil, dan kepada Katinting.com, penjelasan disampaikan oleh Sekertaris Dinkes Nilsawiah, yang juga diberikan amanah sebagai pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan Mamuju Tengah pasca ditariknya Setyo Bero.

Dengan lugas Nilsawiah menyampaikan bahwa untuk semua PKM di Mamuju Tengah, sudah dibekali Standar Operasional Pelayanan (SOP) dalam memberikan pelayanan dan iklim pelayanan kepada pasien sejak dari awal masuk hingga mendapatkan penanganan secara intensif.

“Jadi semua PKM sudah punya SOP, dan semua petugas sudah paham SOP, karena di PKM  tidak kurang dari lima SOP telah dibuat, dalam rangka memaksimalkan pelayanan petugas medis kepada pasien, dan SOP ini pun sudah juga di sosialisasikan ke masyarakat” terang Nilsawiah.

Ia menuturkan terkait apa yang beberapa hari ini, menjadi sorotan masyarakat, tentu bukan karena adanya pelanggaran SOP di PKM, tapi Dinkes memaklumi, mungkin saja masih ada masyarakat yang belum memahami SOP di tiap PKM, sehingga mereka ingin dilayani sesuai versi mereka.

“Nah tentu ini memang bisa memicu persepsi yang berbeda, padahal petugas di PKM, sudah kami bekali SOP dalam melaksanakan tugas tugasnya” tutur Nilsawiah.

Katanya, mulai alur pelayanan hingga penanganan gawat darurat semua ada SOPnya, sehingga tidak serta merta petugas akan keluar dari SOP dan menurut standar pelayanan versi pasien atau keluarganya.

“kami letakkan lima SOP di PKM, masing masing SOP Alur Pelayanan, SOP Pemberian Cairan Infus, SOP Kajian Awal, SOP Triase dan SOP Penanganan Darurat, nah tentu petugas kami patuh pada SOP ini, bukan pada standar yang diinginkan pasien dan keluarganya” pungkas Nilsawiah.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
banner 728x90

Komentar