Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi saat menghadiri launching KEN 2024 yang diselenggarakan Kemenparekraf di Jakarta.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Indonesia melaunching Kharisma Event Nusantara (KEN) dilaunching , Sabtu 27 Januari 2024.

Conceptor Festival Manakarra Fair, Veronica Wijaya menceritakan bahwa sejak bulan November tahun 2023 proses pendaftaran kurasi event nusantara telah dilaksanakan Kemenparekraf dan melalui beberapa seleksi dan interview pada hari ini di Jakarta telah di umumkan satu-satunya event yang ketiga kalinya masuk ke KEN 2024.

“Proses kurasi semakin tahun semakin ketat dan konsep event semakin detail dengan perencanaan yang semakin mantap,” kata Vero.

Seperti yang diketahui pelopor event Manakarra Fair di Mamuju yaitu Febrianto Wijaya dan Suraidah Suhardi bersama dengan pemkab dan pemprov berkolaborasi untuk menyediakan ruang serta peningkatan standard panggung baik bagi para performance, pekerja event serta UMKM.

“Ini telah terbukti sejak adanya Manakarra Fair animo event-event di Mamuju semakin hari semakin berkembang. Yang paling signifikan adalah peningkatan peserta UMKM yang awalnya pada tahun 2016 tidak ada peserta dan pada tahun 2023 pendaftarnya sekitar 300 UMKM dan harus di kurasi menjadi 100an umkmers,” ungkapnya.

Proses kurasi yang dilakukan oleh Kemenparekraf dilakukan dengan tahap seleksi berkas formulir dan pendaftar dari Sulbar ada 6 event sedangkan yang melakukan presentasi yaitu 2 event dan terpilih satu-satunya sebagai perwakilan Sulbar adalah Manakarra Fair.

“Launching event di Jakarta langsung dihadiri oleh Bupati Mamuju ibu Hj. Sutinah Suhardi didampingi oleh tim Dinas Pariwisata,” bebernya.

Selain itu, Konsep acara Manakarra Fair 2024 akan sedikit berbeda dan sudah rampung, pengumpulan materi-materi peserta akan segera dilaksanakan serta pemantapan timeline juga akan segera dilakukan.

“Kami berharap tahun 2024, Manakarra Fair dapat mengakusisi lebih banyak pelaku event serta umkm, dan tentunya pendatang dari luar kota lainnya. Tujuannya agar mamuju lebih di kenal dan tentu dapat mendapatkan devisa untuk Mamuju,” harapnya.

Sedangkan, Bupati Mamuju Sutinah Suhardi menyampaikan Pemkab menyambut baik event Manakarra Fair bisa masuk KEN 2024.

“Alhamdulillah kita akan selalu berusaha dan komitmen kegiatan Manakarra Fair berlanjut setiap tahunnya. Kita berharap Manakarra Fair 2024 semakin menarik dan bagus dari tahun sebelumnya,” tandasnya.(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here