Suasana proses sortir dan lipat kertas surat suara di KPU Mamuju Tengah. (dok Ist)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Terbilang 10 hari kedepan, KPU Mamuju Tengah mulai melakukan penyortiran surat suara Pemilu 2024, dengan pengawasan dan pengamanan ketat.

Saat dihubungi Ketua KPU Mamuju Tengah Alamsyah, Senin (08/01), mengungkapkan bahwa penyortiran telah dimulai dilaksanakan sejak hari ini, dengan melibatkan sebanyak 100 orang relawan penyortir dan pelipat kertas suara.

Ia menuturkan penyortiran dan pelipatan kertas suara akan berlangsung selama 10 hari kedepan, dengan pengjagaan, pengawasan dan pengamanan penuh baik oleh Panwaslu maupun aparat keamanan dari Polres Mamuju Tengah.

“Jadi relawan ada sebanyak 100 orang kami siapkan, dengan kondisi tempat penyortiran dalam pengawasan ketat, dengan jumlah kertas suara yang akan di sortir dan dilipat sebanyak 482.005 lembar” tutur Alamsyah.

Katanya, salah satu metode pengawasan selain pengawasan langsung oleh petugas, baik oleh Panwaslu maupun oleh pihak kepolisian, juga pihak KPU Mamuju Tengah telah melengkapi peralatan CCTV pada ruangan tempat penyortiran.

“Ini tentu dalam rangka memastikan proses sortir dan lipat terawasi dengan baik, sehingga hal yang tak diinginkan bisa dihindari lebih awal” kata Alamsyah.

Sementara itu, pihak Polres Mamuju Tengah melibatkan langsung pihak Kasie Propam Ipda Anto Junardi dalam memipin pengawasan pelaksanaan sortir dan lipat surat suara.

Kepada awak media Ipda Anto Junardi, mengemukakan, surat suara adalah dokumen sangat penting dalam Pemilu, karena adalah penentu lembaran yang akan di coblos oleh pemilih.

“Karenanya, kami pihak pengamanan harus memastikan pelaksanaan sortir dan lipat kertas suara, berlangsung aman dalam pengawasan yang baik” beber Ipda Anto.

Salah satu pengawasan penting, oleh kopolisian dalam proses penyortiran dan lipat kertas suara, adalah mengecek semua orang yang dlibatkan dalam penyortiran.

“Mulai dari Id Card, cek seluruh badan, tidak membawa rokok, tidak membawa pena, dalam rangka proses lipat dan sortir berjalan lancar” pungkas Ipda Anto. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here