Bupati Mamuju yang juga Ketua PMI Mamuju, Sutinah Suhardi meresmikan markas PMI Kabupaten Mamuju. (Dok. Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mamuju kini memiliki markas tersendiri. Markas lembaga sosial kemanusiaan itu berada di area RS Mitra Manakarra Mamuju.

Ketua PMI Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi menuturkan, hadirnya markas tersebut sebagai komitmen untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat Mamuju.

Hal itu disampaikan Sutinah saat meresmikan Markas PMI Mamuju, Kamis, 30 November 2023 yang dihadiri Anggota DPR RI Dapil Sulbar, Suhardi Duka, Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi serta tamu undangan lainnya.

Bupati Mamuju itu berujar hadirnya Markas PMI ini juga diharapkan akan menjadi jawaban terkait ketersediaan darah. Olehnya dengan kehadiran Markas PMI masyarakat yang membutuhkan darah jika terjadi gawat darurat bisa langsung menuju Markas PMI.

“Disinilah kami hadir apabila ada masyarakat yang membutuhkan (darah) itu bisa langsung datang ke markas PMI agar bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan,” kata Sutinah Suhardi.

Kehadiran Markas PMI Kabupaten Mamuju juga mendapat dukungan dari Anggota DPR RI, Suhardi Duka. Katanya, SDK bakal membantu menyediakan bank darah. Hal ini disambut baik oleh Sutinah Suhardi. Katanya mereka juga bakal meminta bantuan ke pihak-pihak terkait untuk membantu mewujudkan program-program mereka di PMI Kabupaten Mamuju.

“Bukan cuma soal bank darah ataupun donor darah, program kami juga itu bagaimana ketika ada bencana ada tim rescue. Alhamdulillah kita sudah banyak anggota PMR kita akan turun ke sekolah-sekolah untuk merekrut mereka sehingga apabila ada bencana teman-teman dari PMI, tim rescue bisa bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten,” ungkapnya.

Sutinah menambahkan, untuk sementara ini karena belum memiliki bank darah, hasil dari donor darah PMI Kabupaten Mamuju akan langsung didistribusikan ke RSUD Mamuju dan RS Mitra Manakarra.

“Jadi kita akan salurkan kesitu sambil berusaha pengadaan stok darah di markas PMI. Mudah-mudahan secepatnya kita sudah ada bank darahnya,” katanya.

“Jadi masyarakat saat ini bisa langsung ke markas PMII untuk donor darah tapi kalau untuk penyediaan stok darah kita akan arahkan ke RS yang tempat distribusikan,” sambutannya.

Terakhir, Bupati perempuan pertama di Bumi Manakarra itu tak lupa menyampaikan rasa terimakasih nya kepada Bank Sulselbar karena memberikan bantuan berupa satu unit mobil sebagai mobil operasional PMI Kabupaten Mamuju.

(ADV/Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here