Poster cegah stunting. (Ilust)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan program penanganan stunting di tiap kabupaten, sebagai upaya intervensi Penurunan Stunting.

Kata Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy, upaya tersebut sesuai petunjuk pak Gubernur dan Sekda, bersama stakeholder terkait menyiapkan sejumlah program aksi penanganan stunting di lapangan. Jumat, 17 Februari 2023.

Dia mengatakan, sebagai salah satu komponen garda terdepan menuntaskan permasalahan stunting yang melanda Sulbar saat ini, sehingga intervensi langsung ke masyarakat perlu dilakukan.

Yang dilakukannya, seperti pembagian vitamin, tablet tambah darah masuk ke masyarakat dan pemberian konseling dan pemahaman tentang stunting, selanjutnya intervensi kesehatan lingkungan jamban dan pengukuran kualitas air bersih atau air minum di laboratorium kesehatan. Bebernya.

Dia menegaskan, dalam menangani stunting di Sulbar dibutuhkan kolaborasi secara bersama dengan seluruh pihak terkait, baik instansi pemerintahan, pihak swasta dan juga seluruh lapisan masyarakat di semua kalangan.

“Kita sudah bekerja sama dengan pihak BKKBN dan Kanwil Kemenag Sulbar dalam rangka memberikan pemahaman secara langsung kepada masyarakat terkait penerapan aturan pembahasan pernikahan,” ujarnya

Untuk pemeriksaan ibu hamil, Dinas Kesehatan bersama stakeholder terkait akan terjun langsung ke kabupaten-kabupaten dengan membawa dokter spesialis menyasar ibu-ibu hamil yang perlu penanganan, dengan cara pemberian vitamin, pemberian obat-obatan dan makanan bergizi yang dapat menghindarkan ibu dan anak dalam kandungan menjadi stunting.

Sumber: Diskominfosandi Sulbar/Farid

Edit: Anhar

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here