banner 728x90

Biro Pemerintahan Sulbar Gelar Seminar Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

banner 728x90
Biro Pemerintahan Sulbar Gelar Seminar Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Seminar Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Katinting.com, Mamuju – Bertempat di salah satu hotel di Mamuju, Biro pemerintahan menggelar seminar hasil kajian tata kelola pemerintahan yang baik, yang menghadirkan pakar hukum ketata negaraan Prof. Dr. Aminuddin Umar sebagai pemateri. Jumat (29/1).

Acara yang diikuti sejumlah instansi lingkup pemerintahan Sulawesi Barat, juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Aladin S Mengga.

Kepala biro pemerintahan, Drs. Wahab Hasan Sulur mengatakan, bahwa seminar kepemerintahan ini sebagai pemicu untuk melakukan atau pengelolaan pemerintahan yang baik khususnya di lingkup pemerintahan Sulbar.

Sementara, Prof. Dr. Aminuddiin Umar berharap pada kegiatan berikutnya bisa mengundang dari lingkup pemerintahan kabupaten se Sulawesi Barat.

“Kegiatan ini bertujuan dua hal, yang pertama menggali informasi dan data berkenaan dengan praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya penyelenggaraan  pemerintahan Provinsi Sulawesi Barat. Kedua kami ingin melihat konsep tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Aminuddin.

Tata kelola pemerintahan yang baik, menurut Aminuddin, menyangkut tindakan perbuatan pemerintahan yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pengambilan kebijakan dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, penempatan pejabat dalam jabatan pemerintahan dan terakhir yaitu koordinasi antara pemerintah provinsi dan pemerintahan kabupaten.

“Pihak pemerintah provinsi dan  kabupaten harus dapat bekerja sama dalam hal koordinasi  agar tidak menimbulkan dualisme yang berlawanan, yang dapat memicu konflik serius, padahal semestinya perencanaan pembangunan di provinsi harus didukung oleh pihak kabupaten kota dan sebaliknya,” jelas Aminuddin Umar.

Ia menambahkan kalau keberhasilan pembangunan pemerintahan provinsi berarti kabupaten pun juga berhasil, sebaliknya jika pembangunan kabupaten berhasil, berarti pemerintahan provinsi juga berhasil. (Arisman)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.