Rapat pertemuan dalam rangka membahas rencana penyusunan proposal Pendanaan BKCF. (dok Ist)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sedang menyiapkan usulan proposal inisiatif kegiatan/program untuk pendanaan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) – Korea Cooperation Fund (BKCF).

Melalui Surat Nomor B/000.7.3/80/2024 Tanggal 26 Januari 2024, Kepala Bapperida Sulbar, Dr. Junda Maulana menyampaikan format proposal kepada Dinas Lingkungan Hidup Sulbar, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, Dinas Pariwisata Sulbar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sulbar, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Sulbar, Dinas Perkebunan Sulbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar.

Langkah ini sebagai tindak lanjut atas Surat Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Nomor KSI.04.02/1/D.VII.M.EKON.4/1/2024 Tanggal 10 Januari 2024, mengenai permintaan Proposal BIMP-EAGA Korea Cooperation Fund (BKCF) ke-IV Tahun 2024.

Dilansir dari laman gggi.org, sejak 2021 BKCF memperkuat kemitraan antara BIMP-EAGA dengan Korea Selatan untuk berkontribusi mendorong pertumbuhan yang inklusif dan seimbang di kawasan Asia Tenggara, serta konektivitas ASEAN.

Sebelumnya, Kepala Bapperida Sulbar, Dr Junda Maulana telah mengundang perangkat daerah terkait untuk membahas usulan proposal tersebut pada Selasa (23/01) yang lalu di Ruang Rapat RKPD Kantor Bapperida Sulbar.

“Sehubungan dengan surat Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait proposal BKCF Tahun 2024, maka perlu pembahasan usulan proposal inisiatif program dan kegiatan pada empat area prioritas, yaitu Environment, Tourism, Connectivity, Agriculture and Fisheries, bersama OPD terkait,” Dr sebut Junda Maulana dalam penyampaiannya.

Rapat pembahasan usulan proposal tersebut dihadiri Sekretaris dan Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam (PSDA) Bapperida Sulbar beserta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Sulbar, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, Dinas Pariwisata Sulbar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sulbar, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Sulbar, Dinas Perkebunan Sulbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar.

Pada kesempatan itu, Kabid PSDA Bapperida Sulbar, Muhammad Nur Dadjwi juga menyampaikan, rapat pembahasan ini sebagai sebagai langkah awal dalam membahas usulan yang menjadi sebuah peluang bagi Sulbar.

“Bapperida akan kembali melakukan penilaian atau meramu dan memilah kembali sektor mana yang akan diperkuat, mengingat anggaran yang diberikan agar terfokus pada penguatan sektor,” imbuh Muhammad Nur

Dari rapat tersebut, diharapkan kepada seluruh stakeholder terkait untuk mengambil langkah cepat dalam penyusunan usulan yang akan dimasukkan dalam proposal. Kemudian nantinya akan diusulkan ke Pj. Gubernur Sulbar. (rls/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here