Perkiraan cuaca Maret 2024. (BMKG)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tampa Padang mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat Sulawesi Barat terkait potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi pada hari Kamis, 1 Maret 2024.

Wilayah Kabupaten Pasangkayu diperkirakan akan mengalami hujan lebat yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga malam hari.

Secara spesifik, prakiraan cuaca untuk wilayah Sulawesi Barat pada Kamis, 1 Maret 2024, menunjukkan kondisi berawan pada pagi hari di seluruh wilayah. Namun, pada siang dan sore hari, hujan ringan diprediksi akan turun di Kabupaten Majene, Mamasa, Mamuju, Polewali Mandar, dan Mamuju Tengah, sementara Kabupaten Pasangkayu berpotensi mengalami hujan lebat.

BMKG juga mengingatkan tentang kemungkinan cuaca berawan yang akan berlanjut ke malam hari, dengan potensi hujan ringan di beberapa wilayah serta hujan lebat di Kabupaten Pasangkayu. Suhu udara diperkirakan akan berkisar antara 17 hingga 29°C, dengan kelembapan udara 75-90%. Angin akan bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan 2 hingga 10 km/jam.

Masyarakat, khususnya di Kabupaten Pasangkayu, diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan fenomena alam seperti kilat/petir dan angin kencang.

Warga diharapkan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti memeriksa kondisi rumah dan lingkungan sekitar untuk mengurangi dampak yang mungkin ditimbulkan oleh cuaca ekstrem.

Pihak BMKG Tampa Padang terus memantau perkembangan cuaca dan akan memberikan update informasi secara berkala. Masyarakat diharapkan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG melalui situs resmi dan media sosial resmi untuk mendapatkan informasi terbaru.

Untuk informasi lebih lanjut dan update terkini, masyarakat dapat mengakses situs resmi BMKG di www.bmkg.go.id.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here