banner 728x90

Peringati HLH se Dunia, Pemprov Sulbar Pusatkan di Matra

791 views
banner 728x90
Peringati HLH se Dunia di Matra

Peringati HLH se Dunia di Matra

Pasangkayu, Katinting.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memusatkan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia jatuh pada 5 Juni yang lalu, di pantai wisata mangrove Kecamatan Tikke Raya, Mamuju Utara (Matra), Selasa (19/07).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, Wakil Bupati Matra Muhammad Saal, Ketua DPRD Sulbar Andi Mapangara, Asisten III Pemprov Sulbar Djamila, Kepala BLHD Sulbar Fatimah, perwakilan Pemkab Mateng, Majene, Mamuju, Polman, dan Mamasa, perwakilan PT. Astra Agro Lestari areal celebes I, para pimpinan SKPD lingkup pemkab Matra, serta para tokoh masyarakat Matra.

Dalam acara ini, Pemkab Matra mendapat penghargaan dari Pemprov Sulbar, sebagai kabupaten terbaik penyusun profil menuju Indonesia hijau. Dalam acara itu juga beberapa sekolah tingkat SD dan SMP di Matra mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat nasional.

Bupati Matra Agus Ambo Djiwa mengaku sangat mengapresiasi penghargaan yang telah diraih Matra di bidang lingkungan. Iapun mengajak segenap komponen masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem alam demi keberlangsungan hidup manusia.

“Tadi beberapa penghargaan telah diberikan kepada kami, itu sebagai wujud komitmen kami untuk mendorong semua komponen masyarakat, partisipasi masyarakat dalam menjaga keseimbangan, dan kelestarian lingkungan, apa lagi hampir 50 persen hutan di Sulbar berada di Matra,” ujar bupati saat memberi sambutan.

Di kesempatan yang sama Kepala BLHD Sulbar Fatimah mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan peringatan HLH ini adalah untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam upaya menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup.

Harapannya, kegiatan ini meningkatkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam pembinaan dan pengelolaan serta penyelamatan lingkungan. Selanjutnya mendorong partisipasi masyarakat dalam usaha pemulihan lingkungan dalam bentuk penyebaran pamflet, penanaman pohon dan berbagai kegiatan lainnya.

“Peringatan HLH jatuh pada 5 Juni, namun mengingat tanggal itu bertepatan dengan awal ramadan, serta mengingat puncak kegiatan HLH tingkat nasional juga baru dilaksanakan pada 23 Juli, maka peringatan HLH tingkat Sulbar baru dilaksanakan hari ini. Peringatan HLH ini ditempatkan secara bergilir di tiap kabupaten dan tahun ini bertempat di Matra,” terangnya.

Usai acara seremonial, bupati, wakil bupati Matra, serta para petinggi Sulbar yang hadir melakukan penanaman pohon bintangur secara simbolis, di pantai wisata mangrove Tikke Raya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.