oleh

Percepatan Pemulihan Pasca Gempa, DPRD Mamuju Bakal Bentuk Pansus

-Daerah-121 Dilihat
banner 728x90
Salah satu rumah warga yang roboh akibat gempa gempa M6,2 yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Jumat 15 Januari 2021 lalu. (Dok. Zulkifli)

Mamuju, Katiniting.com – DPRD Kabupaten Mamuju bakal segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) percepatan pemulihan pasca bencana gempa M6,2 yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Jumat 15 Januari 2021 lalu.

Rencana pembentukan Pansus percepatan pemulihan pasca bencana tersebut dilakukan, sebagai bentuk kepedulian lembaga legislatif, terhadap kondisi Bumi Manakarra saat ini.

“Kita melihat kondisi Mamuju begitu porak-poranda, maka DPR harus ikut serta dalam hal bersama-sama dengan pemerintah daerah, bagaimana bekerjasama yang baik untuk membangun kembali Mamuju,” kata Wakil Ketua DPRD Mamuju, Syamsuddin Hatta, usai memimpin rapat Bamus persiapan paripurna pemberhentian Bupati Mamuju dan wakilnya, di tenda darurat DPRD Mamuju, Jumat, (5/2).

Dia mengungkapkan, gempa 6,2 yang memporak-porandakan Mamuju itu, masuk dalam kategori tanggap bencana nasional, tentunya pemerintah pusat juga akan mengambil peran utama dalam proses pemulihan pasca bencana tersebut.

“Makanya kita sebagai DPR bersama-sama dengan pemerintah daerah akan membangun hubungan ke pemerintah provinsi dan pusat, supaya langkah-langkah kongkrit itu bisa kita wujudkan,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut juga menjelaskan bahwa Pansus percepatan pemulihan pasca bencana gempa sendiri, rencana akan ditetapkan dan dibacakan pada rapat paripurna hari Senin 08 Februari 2021 mendatang.

“Jadi ada Tiga itu, Pansus satu itu menangani pengawasan rehab dan rekonstruksi pasca bencana. Kemudian Pansus dua itu pemulihan dampak sosial ekonomi masyarakat pasca bencana, kemudian Pansus Tiga, penggunaan anggaran penanganan tanggap darurat dan pendistribusian logistik pasca bencana,” tutupnya. (MP/Zul)

Bagikan

Komentar