Prosesi peluncuran perdana pelayaran laut dari Polman ke Malaysia. (Hms)
banner 728x90

Polman, Katinting.com – Langkah besar dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Polman dengan peluncuran Pelayaran Perdana Angkutan Penumpang dari Tanjung Silopo Polman menuju Lahad Datu Malaysia.

Upacara pelepasan yang ditandai dengan penekanan tombol sirene di Pelabuhan Tanjung Silopo Polman pada Senin, 18 Desember 2023, menjadi tonggak awal pelayaran penting ini.

PJ Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan rasa syukur atas terwujudnya pelayaran perdana ini, mengakui perencanaan yang telah dilakukan oleh Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Gubernur Sulbar periode 2017-2022, Ali Baal Masdar selama enam tahun terakhir. Prof. Zudan menekankan pentingnya kerja keras dalam perjuangan ini serta berterima kasih atas dedikasi semua pihak yang terlibat.

Dalam pertemuan dengan Ketua Menteri Sabah, disampaikan bahwa terdapat kebutuhan akan produk lokal asal Sulbar di Malaysia. Ketua Menteri Sabah mendukung penuh pelayaran menuju Lahad Datu untuk memenuhi kebutuhan akan beras, sayur, telur, dan buah-buahan dari Indonesia. Prof. Zudan menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh upaya ini dan mendorong pengiriman barang serta angkutan manusia dari Indonesia ke Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo Polman.

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar, menjelaskan bahwa pembukaan jalur pelayaran ini berasal dari permasalahan yang dihadapi oleh Pekerja Migran Indonesia di Lahad Datu, Sabah, Malaysia. Beliau mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaannya atas kerja keras selama enam tahun untuk menjadikan Tanjung Silopo sebagai pelabuhan yang berperan penting bagi masyarakat Sulbar.

Ibrahim menambahkan bahwa langkah ini diharapkan dapat menjadi akses dagang dan pengangkutan produk lokal daerah untuk mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sulbar, termasuk masyarakat Sulbar yang berada di Lahad Datu, Malaysia.

Acara pelepasan pelayaran ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Gubernur Sulbar periode 2017-2022, Ali Baal Masdar, unsur Forkopimda, instansi vertikal, pimpinan OPD di lingkup Pemprov Sulbar, Pemkab Polman, pekerja migran yang akan berlayar ke Lahad Datu, Sabah, Malaysia, serta undangan lainnya.

Melalui langkah ini, diharapkan terbuka pintu baru dalam ekonomi regional serta membawa manfaat bagi masyarakat Sulawesi Barat, baik di bidang ekonomi maupun kemanusiaan bagi pekerja migran Indonesia di Malaysia. (*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here