Mantan Pj. Bupati Mamasa, Yakob F Solon.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI Muhammad Zain resmi menjabat sebagai Pj. Bupati Mamasa menggantikan Yakub F Solon.

Pelantikan itu Muhammad Zain sebagai Pj Bupati Mamasa digelar di Gedung Graha Sandeq Perkantoran Gubernur Sulbar, Senin 8 Januari 2024.

Dengan begitu, Yakob F Solon dapat kembali fokus menjalankan tugas sebagai Asisten II Pemprov Sulbar.

Pj. Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih atas pengabdian Yakub F Solon dalam menjabat sebagai PJ Bupati Mamasa tiga bulan terakhir. Menurutnya berbagai capaian dan tentu juga beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki sebagaimana hasil evaluasi dari Kemendagri.

Sestama BNPP ini menjelaskan, terhadap pelantikan Muhammad Zain, masa jabatan PJ Bupati sebagaimana keputusan Mendagri hanya satu tahun. Masa jabatan tersebut dapat diperpanjang dan juga dapat berkurang dari masa jabatan yang ditentukan di dalam SK, sesuai dengan keputusan pemerintah pusat.

“Banyak bupati yang ditarik sebelum satu tahun, ada dipindahkan ada yang kembali ke instansi sebelumnya. Begitu juga saya sebagai Pj Gubenur Sulbar sewaktu-waktu bisa ditarik kembali ke pemerintah pusat,” ungkapnya.

Prof Zudan juga kembali menegaskan beberapa poin dalam SK PJ Bupati, diantaranya dilarang melakukan mutasi pegawai, mengeluarkan perizinan yang berbeda dari pemerintah sebelumnya, kecuali ada izin Kemendagri.

Selain itu mengawal Pilkada dan menjaga netralitas ASN. Serta 3 bulan sekali memberikan laporan pertanggungjawaban. Adapun masa jabatan paling lama satu terhitung sejak tanggal pelantikan.

“Jadi masyarakat tidak boleh kaget jika pejabatnya diganti. Oleh karena itu ketika kita duduk dalam jabatan yang dipersiapkan adalah berhenti. Itu kita serahkan kepada pemerintah pusat.” ungkapnya.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here