banner 728x90

Matra, 34 Desa Bakal Gelar Pilkades Serentak

1352 views
banner 728x90
Ilustrasi

Ilustrasi

Katinting.com, Pasangkayu – Usai Pilkada serentak, kini Matra mempersiapkan menyambut pemilihan kepala desa (Pilkades) yang juga bakal digelar serentak. Kepala BPMPD Matra Arfan Lasibe menyampikan bahwa ada 34 desa yang bakal menggelar pesta demokrasi tersebut, hal itu seiring dengan telah selesainya masa jabatan kades sebelumnya.

Tahapan pelaksanaan Pilkades, Arfan menyampaikan bahwa untuk sementara ia merencanakan sudah bisa dimulai pada 18 Januari, namun jadwal itu masih akan dikonsultasikan kepada penjabat Bupati Matra dan beberapa SKPD terkait untuk mendapat persetujuan.

“Kalau dari saya untuk sementara tahapan Pilkades bisa dimulai pada 18 Januari, namun semuanya tergantung pada hasil konsultasi dengan pak bupati dan beberapa SKPD terkait, kalau disetujui maka berarti saya akan segera melakukan langkah-langkah berikutnya,” terang Arfan Lasibe, Jumat 8 Januari.

Ia juga mengatakan bahwa kalau tahapan pilkades sudah bisa dimulai pada Januari nanti, maka diperkirakan akhir Maret nanti puncak pelaksanaan Pilkades atau proses pungut hitung suara sudah bisa digelar.

Sementara itu, menanggapi Ranperda tentang tata cara pemilihan kepela desa yang sekarang masih tengah dibahas DPRD Matra, ia mengaku tidak mempermasalahkan sebab, untuk sementara ia mengacu pada Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa.

“Ranperda itu kan hanya mengatur hal-hal yang teknis, sementara mengenai tata cara tahapan dan lain sebagainya itu mengacu pada Permendagri tentang pemilihan kepala desa,” pungkasnya. (Joni)

 

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.