dr. Asran Masdy, Kepala Dinkes Provinsi Sulawesi Barat. (Ist)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Kasus Covid 19 di Provinsi Sulawesi Barat mengalami penurun atau melandai. Atas penurunan ini, enam Kabupaten di Sulawesi Barat sudah masuk dalam zona kuning dan beberapa sudah masuk dalam zona hijau.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy mengatakan penurunan kasus  warga terjangkit Covid-19 di Sulawasi Barat dipengaruhi kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang semakin meningkat atau membaik.

Ia juga mengungkapkan, semakin banyaknya warga Sulawesi Barat dengan sukarela melakukan vaksin Covid-19 mempengaruhi juga rendahnya warga terjangkit Covid-19.

Data Dinas Kesehatan pertanggal 28 September 2021 kemarin, warga Sulawesi Barat terkonfirmasi positif  Covid 19 sebanyak  16 orang, diantaranya di Kabupaten Mamuju 1 orang, Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamuju Tengah 2 orang, sementara di Kabupaten Mamasa 11 orang.

“Meski ada warga Sulawesi Barat terkonfimasi positif Covid-19, namun angka kesembuhan lebih tinggi dibanding terkonfirmasi terjangkit,” kata Asran Masdy.

Terlihat dari data dinas kesehatan pertanggal 28 September jumlah kesembuhan sebanyak 26 orang, diantaranya Kabupaten Mamuju 3 orang, Kabupaten Majene 6 orang, Kabupaten Mamasa 7 orang dan Kabupaten Polman 10 orang, meninggal 1 orang .

“Dari awal covid 19 masuk di Sulawesi Barat, sampai saat ini, warga Sulawesi Barat pernah tercatat terkonfrimasi positif Covid-19 sebanyak 12.126 orang, sembuh 11.524 orang dan meninggal dunia sebanyak 335 orang,” jelasnya.

Namun itu, Asrang mengingatkan agar tidak lengah dengan kondisi saat ini. Ia menyarankan warga yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga dan menerapkan protocol kesehatan, dengan wajib memakai masker, mencuci tangan atau menyediakan handsanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi aktfitas yang tidak penting.

Jika kita semua disiplin protocol kesehatan dan ikut arahan pemerintah untuk mau divaksin, semoga pandemi ini (Covid-19) bias berlalu, harapnya.

(Srf/Ed : Arham Bustaman)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here