banner 728x90

Ikhtiar Menyehatkan Negeri

Tidak ada komentar 84 views
banner 728x90

Seorang pelajar disuntik vaksin Covid-19. (Dok. Syarifuddin)

COVID-19 sudah hampir dua tahun melanda negeri ini, akibatnya membuat seluruh sektor terdampak mulai dari pemerintahan sampai ekonomi rakyat kecil.

Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemulihan dengan cara memberikan sejumlah bantuan kepada warganya yang memiliki ekonomi rendah, mulai dari bantuan bahan pokok sampai batuan uang tunai.

bukan hanya itu Pemerintah juga terus berupaya menyehatkan seluruh rakyatnya agar kebal saat terpapar covid 19, denga cara mendatangkan jutaan dosis vaksin Covid 19.

Saat ini seluruh pihak bergerak bersama dalam melakuka upaya vaksinasi mulai dari Pemerintah daerah, TNI-POLRI higga tokoh masyarkat dan agama.

Di Sulbar sediri. Polisi hampir setiap hari melakukangeraka vaksinasi gratis dengan membuka grai vaksin di pusat pusat keramaian hingga kepelosok desa.

Sasaran mereka mulai dari Pelajar, pemuda sampai lansia. Salah satu contoh dilakukan oleh polsek kota Mamuju, setiap pekan membuka grai vaksinnya di pasar baru Mamuju.

Hal tersebut untuk mempasilitasi warga Mamuju mendapatkan vaksin secara gratis.

Kali ini grai vaksin covid 19 milik Polresta Mamuju , menyasar anak usia 12 tahun sampai 12 tahun , yang ingin melakukan suntik vaksin.

Dengan menggunakan tenda darurat milik badan penanggulangan bencana kabupaten mamuju, warga antusias mendatangi grai vaksin tersebut. yang dibuka sejak pukul 8 pagi.

AKP Muhammad Akhir , Kapolsek Kota Mamuju , mangatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinkes Mamuju , dengan menyiapkan 72 doses vaksin covid 19 bagi warga Mamuju.

Vaksin yang digunakan , yakni vaksin moderna 42 dosis sementara untuk vaksin dengan jenis sinovac 30 dosis.

AKP Muhammad Akhir juga mengatakan vaksin tersebut selain melayani anak usia 12 sampai 17 tahun pihaknya juga menerima orang dewasan .

Upaya pihak kepolisian untuk membantu warga Mamuju mendapatkan vaksin covid 19 secara gratis ini merupakan bentuk untuk menekan warga mamuju terifeksin covid 19 .

“Mari seluruh masyarkat Mamuju tetap terapkan prokes utamanya menggunakan masker, mencuci tangan habis beraktifitas diluar dan menjaga jarak,” ucap AKP Muhammad Akhir.

Diharapkan dengan banyaknya warga mendapatkan vaksin covid 19 kehidupan bisa kembali normal utamanya ekonomi.

Tidak mau ketinggalan pihak TNI juga ikut melakukan yang sama seperti yang dilakukan oleh Kodim 1418 Mamuju.

program yang disebut serbuan vaksinasi dosis kedua yang bertempat kilo meter lima Polohu Desa Babana Kecamatan Budong-budong Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Senin (20/09/21).

Dandim 1418/Mamuju melalui Pasi Ops Mayor Inf Muh. Bahtiar mengatakan bahwa, pihaknya kembali melaksanakan Serbuan Vaksin Dosis Kedua di Kabupaten Mamuju Tengah yang juga menjadi wilayah Teritorial Kodim 1418/Mamuju.

” Hari ini kita kembali melaksanakan Serbuan Vaksin Dosis kedua di Mamuju Tengah (Mateng) tepatnya di PT.Surya Raya Lestari 2 Polohu Desa Babana Kecamatan Budong-budong dengan target sebanyak 110 Dosis Vaksin jenis Astra Zeneca kepada karyawan,” Kata Dandim 1418/Mamuju.

Sebelumnya, pada bulan Juni lalu Kodim 1418/Mamuju telah melaksanakan Serbuan Vaksin Dosis pertama. Dandim berharap agar pelaksanaan Vaksinasi tersebut dapat berjalan dengan baik, sehingga para karyawan atau masyarakat dapat tervaksin demi menjaga imun dan kekebalan tubuh.

”Pada hari Sabtu tepatnya tanggal 26 Juni lalu, kita telah laksanakan Vaksinasi Dosis pertama dan hari ini kita juga melaksanakan untuk Dosis kedua. Kami berharap seluruh masyarakat agar bisa melakukan Vaksin sehingga kesehatan dan keselamatan kita bisa terjaga dengan baik,” pungkas Dandim 1418/Mamuju.

”Kami juga berpesan kepada masyarakat yang sudah tervaksin untuk tetap menjaga protokol Kesehatan dan selalu menerapkan 3M, sebab walaupun kita sudah melakukan vaksin tetap harus mematuhi Prokes,” tambah Kolonel Inf Tri Aji Sartono.

Sementara itu ditempat terpisah tokoh masyarakat Sulbar H.Damris ikut juga membuka Gerai layanan vaksinasi gratis di kediamannya di Jalan Trans Nasional desa Bambu, Mamuju, Sabtu, (18/09/2021)

Puluhan masyarakat sekitar terliat antusias untuk ikut melakukan vaksinasi, termasuk H.Damris dan keluarga juga terlihat ikut melakukan vaksin.

Hadir pada acara itu Direktur Samapta Polda Sulbar Kombes Pol. Muh.Syarif Harjo Saputro didampingi Danton Sabara Ipda Hamring dan Kapolsek Urban Mamuju AKP. Muh. Ahir.

Anggota DPRD Sulbar H.Damris menegaskan bahwa masyarakat jangan takut untuk divaksin karena vaksin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Politisi partai Golkar itu mengajak semua pihak khususnya warga desa Bambu agar dapat mendukung program pemerintah yakni percepatan vaksinasi.

“Saya mengajak masyarakat untuk ikut program pemerintah dengan ikut vaksin, ini supaya Corona bisa diatasi. Vaksin rencananya akan dilakukan setiap hari Sabtu,” kata H. Damris.

H.Damris menerangkan antusias warga pada Gerai vaksin ini cukup baik, hingga siang ini tercatat lebih 30 orang warga Bambu telah di vaksin.

“Di daerah kami ini masih banyak masyarakat yang ragu di vaksin, kami sekeluarga sudah divaksin dan saya nyatakan aman, jadi masyarakat jangan takut jangan ragu, vaksin itu aman dan untuk kebaikan kita,” terangnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Mamuju yang telah melakukan suntik vaksin tetap menerapkan protocol kesehatan dimana saja melakukan aktifitas.

“Utamanya menggunakan masker, mejaga jarak, dan sering sering mencuci tangan kalau sudah sampai dirumah, agar virus ini ( Covid 19,red) segerah hilang, aktifits kembali normal,” ungkapnya.

Direktur Samapta Polda Sulbar Kombes Pol. Muh.Syarif Harjo Saputro juga menegaskan agar masyarakat tidak ragu dan takut untuk melakukan vaksin.

Ditempat yang sama, Kapolsek Urban AKP.Muh.Ahir menjelaskan bahwa vaksinasi ini dilakukan untuk menyasar warga yang belum di vaksin. Menurutnya banyak warga sekitar desa Bambu yang enggan mengikuti vaksin karena banyaknya informasi hoaks.

“Target kita hari ini 100 orang, vaksinasi ini akan kita adakan setiap hari Sabtu. Saya menghimbau masyarakat agar tidak takut untuk di vaksin, vaksin itu bagus untuk meningkatkan imun,” tutupnya.

(Syarifuddin)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ikhtiar Menyehatkan Negeri"