banner 728x90

 

Kondisi pemukiman saat gelombang pasang di Bambakoro

Lariang, Katinting.com – Abrasi pantai di Desa Bambakoro, Kecamatan Lariang, Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat  hingga kini terus massif. Ratusan kepala keluarga disana terancam kehilangan tempat tinggal. Bahkan, baru ini sejumlah rumah warga nyaris rubuh oleh gelombang pasang.

Menurut Kiding  warga setempat, garis bibir pantai sebelumnya jauh dari pemukiman, namun akibat massifnya abrasi, rumah warga sudah berada dipinggiran pantai. Saat gelombang pasang, rumah-rumah warga juga ikut dihempas air laut.

Tak hanya itu, masssifnya abrasi ini juga mengakibatkan banjir rob. Pemukiman warga di dususn Tajung Harapan ini terendam air laut hingga mencapai paha orang dewasa. Fenomena ini sudah berlangsung lama yang terjadi setiap musim pasang.

“Kalau gelombang pasang naik, kerab warga yang berada dibibir pantai mengevakuasi barang ketempat yang aman karna hempasan air laut sampai kedalam rumah. Pemukman kami juga terendam oleh air laut setiap musim pasang,” terangnya di Bambakoro Minggu ( 18/12).

Sementara itu, Kepala desa Bambakoro, Akib, As’ad, berharap pemerintah dapat mengatasi abrasi di desanya. Sebab jika tidak, ratusan kepala keluarga akan kehilangan tempat tinggal. Abrasi kata Akib, massif sudah sejak lama dan telah banyak menggerus wilayah pemukiman di dusun T. Harapan.

“ Kami berharap abrasi di desa kami ini dapat diatasi oleh pemerintah, sebab jika tidak, lambat laun warga akan kehilangan tempat tinggal, panjang abrasi ini sekira 500 meter,” harapnya. (Ardi)

Kondisi pemukiman saat gelombang pasang di Bambakoro
Bagikan
Deskripsi gambar...