banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Satuan Karya (SAKA) Wira Kartika Kodim 1418  Mamuju bakal melaksanakan giat pramuka penegak yang akan berlangsung 15 sampai 19 Desember 2023 di Lapangan Ahmad Kirang Kabupaten Mamuju.

Ashar sebagai pamong SAKA menjelaskan, tujuan dilaksanakan giat ini untuk memupuk rasa persatuan dan persaudaraan sesama anggota pramuka. Selain itu menguji  dan  mengevaluasi  sejauh  mana  perkembangan  pembinaan anggota  pramuka  dalam  meningkatkan  pola  pikir  dan  keterampilan, serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan persaingan yang sehat dan positif guna meraih prestasi.

Kegiatan yang diberi nama LOGIKATA atau Lomba Giat Pramuka Tingkat Penegak ini, sebagai upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia berkepribadian dan berjiwa Pancasila.

“Giat ini juga bagian dari peringatan Hari  Ulang Tahunnya yang ke-11 Saka Wira Kartika,” ucapnya.

Dengan slogan, BERKIBAR (Bertanggung Jawab, Kreatif, Inovatif dan Berkarakter), sejumlah kegiatan dilaksanakan seperti : LKBB, Karya Tulis Ilmiah, Pionering Kreatif, Menara Kaki Empat, Scout Intelegent, Sandi, Morse dan Semaphore (SMS), Pidato Pramuka, Logikata Got Talent, Kemampuan Indera Manusia (KIM), Maket Perkemahan, Parade Semaphore, Recycle Fashion Show dan Tari Kreasi Tradisional. Sedangkan untuk pangkalan bakal dilombakan: Yelling Competition, Tolak Ukur Perkemahan (TUP), Photogram Contest, Tradisional Food dan Mobile Legend Bang Bang (MLBB).

Masih kata Ashar, adapun pesertanya terdiri dari pramuka penegak yang masih berstatus siswa atau siswi, dimana setiap pangkalan/Saka mengirim 2 sangga yang terdiri dari 9 putra dan 9 Putri. Dan setiap pangkalan/Saka mengutus 1 orang pembina pendamping putra dan 1 orang pembina pendamping putri.

Ashar mengaku, sejauh ini persiapan sudah 90 persen dan peserta sudah ada yang mulai masuk lokasi kegiatan tanggal 13 Februari 2023. Hingga saat ini dia juga menyebutkan peserta yang sudah mendaftar 7 sekolah dan 3 dari Satuan Karya (SAKA). Sedangkan untuk info pendaftaran dan teknis dapat menghubungi kontak panitia.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here