Komisi II DPRD Sulbar saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Ikan Poniang di Kabupaten Majene. (hms)
banner 728x90

Majene, Katinting.com – Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Ikan Poniang di Kabupaten Majene, diterima oleh Kepala UPTD Balai Benih Ikan Pantai Poniang, Sendana Irwan Latif pada Sabtu lalu (13 Januari 2024).

Ketua Komisi II DPRD Sulbar, Sudirman, menyatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan APBD Tahun Anggaran 2023. Pada tahun 2023, dilakukan pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana Biosecurity di UPTD Balai Benih Poniang dengan pagu sebesar Rp. 203.000.000, yang telah tuntas. Namun, fokus utama kunjungan adalah mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari potensi yang dimiliki BBIP Poniang.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, pendapatan BBIP Poniang baru mencapai Rp1,5 miliar. Sudirman mengungkapkan bahwa beberapa potensi di BBIP Poniang perlu dibenahi, seperti pembenihan dan pemasaran.

“Tidak ada dukungan anggaran untuk pembenihan yang akan menjadi kendala sehingga PAD tidak mencapai target. Kendala lainnya adalah kurangnya permintaan di Sulawesi Barat, sehingga persoalan pemasaran perlu menjadi perhatian ke depan,” ujar Sudirman.

Selain itu, BBIP juga memiliki potensi untuk melakukan pembesaran udang vaname. Ketiga permasalahan tersebut, menurut Sudirman, dapat diatasi dengan melibatkan pihak ketiga dan melakukan kerjasama dalam pengembangan budidaya benih ikan pantai serta pembesaran udang vaname.

(ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here