banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar menggelar penyuluhan Transmigrasi Dikawasan Sarudu-Baras, pada tanggal 16-18 Maret 2023.

Penyuluhan Transmigrasi yang digelar di Desa Sambakoro, Kecamatan Lariang dan diikuti oleh pukulan masyarakat di dua dusun di wilayah tersebut bertujuan untuk mendata warga sekitar kawasan transmigrasi yang berkeinginan untuk ikut bertransmigrasi, meningkatkan pemerataan pembangunan daerah dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sedangkan sasarannya yakni masyarakat yang berpenghasilan rendah dan keluarga yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dapat meningkatkan kemampuan dan produktivitas, membangun Kemandirian, mewujudkan integrasi di permukiman transmigrasi sehingga ekonomi dan sosial dan budaya mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Adapun persyaratan Calon Transmigrasi Penduduk Setempat (TPS) penduduk yang tinggal di Satuan Permukiman(SP): memiliki tanah dan rumah, memiliki tanah tetapi tidak memiliki rumah, dan/atau tidak memiliki rumah dan tidak memiliki tanah.

Memiliki KTP di permukiman yang akan dikembangkan menjadi SP-Pugar, berkeluarga dibuktikan dengan surat nikah dan KK; sudah tinggal menetap dan memanfaatkan tanah di permukiman yang akan dikembangkan menjadi SPPugar paling singkat 2 tahun dibuktikan dengan dan surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa atau sebutan lain.

Sedangkan komposisi calon transmigrasi Penduduk Setempat (TPS) diprioritaskan kepada Penduduk yang menyerahkan lahannya untuk direncanakan sebagai permukiman transmigrasi, berpotensi menjadi TPS pada saat pelaksanaan identifikasi lahan calon lokasi transmigrasi penduduk lainnya dari desa setempat yang perlu dukungan tempat tinggal dan ecahan KK di Desa sekitar lokasi permukiman Desa/Kecamatan lainnya.

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here