Pj Bupati Mamasa Yakub F Solon bersama Ketua DPRD Mamasa Orsan Soleman, berjabat tangan usai penandatanganan APBD Mamasa 2024. (dok Saldi)
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Ketukan palu sidang oleh Ketua DPRD Mamasa menandai sidang paripurna pengambilan keputusan penetapan rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD 2024 menjadi Perda APBD 2024, menjadi penanda terbangunnya persepekatan penetapan APBD 2024 untuk Kabupaten Mamasa.

Meskipun kemudian dibayang bayang nilai defisit anggaran yang cukup tinggi, sebesar Rp.123 miliar dari sebelumnya Rp.192 miliar, setelah melewati perhitungan dan kajian yang cermat, sehingga mampu ditekan sebesar Rp.69 miliar.

Olehnya postur APBD Kabupaten Mamasa yang baru saja di sahkan dan ditetapkan Jumat (01/12) adalah sebagai berikut, Rp1,070 Triliun yang terdiri dari belanja operasional Rp.7.33 miliar, belanja modal Rp. 113,62 miliar, belanja tidak terduga Rp.2 miliar dan belanja transfer sebesar Rp.220,094 miliar.

“Itulah gambaran belanja pemerintah tahun 2024, dengan alokasi belanja bersumber dari pendapatan meliputi pendapatan sebesar Rp.956,203 miliar dengan rincian, dari PAD Rp. 25 miliar, dana transfer pusat Rp.907,068 miliar, dan lain-kain pendapatan sebesar Rp.14,866 Miliar.” ungkap Pj Bupati Mamasa Yakub F Solon saat membacakan nota keuangan pemerintah daerah dihadapan sidang paripurna.

Ia pada kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih yang besar kepada anggota DPRD Mamasa, atas kerjasamanya dalam pembahasan Ranperda APBD hingga ditetapkan menjadi Perda APBD Mamasa.

“Karena ada komitmen bersama untuk mengurangi nilai defisit APBD yang mencapai Rp.199 miliar, ini tentu kami berikan apresiasi, atas sinergitas yang terbangun, dengan mengedepankan penghematan dan efesiensi belanja di sejumlah lini pemanfaatan keuangan” jelas Yakub.

Terpisah Ketua DPRD Mamasa Orsan Soleman, mengatakan, bahwa DPRD dan Pemkab Mamasa memiliki komitmen yang sama dalam memperbaiki kondisi keuangan daerah.

“Kita punya tujuan yang sama dalam memeperbaiki kondisi keuangan daerah sehingga kita berkomitmen mengesahkan APBD 2024 tepat waktu sesuatu peraturan perundang-undangan dan bersepakat untuk melakukan penghematan anggaran sehingga defisit bisa kita turunkan,” ungkap Orsan.

Lanjut dikatakan, satu hal yang penting disyukuri bahwa selain bisa mengurangi defisit Pemda Mamasa juga bisa membayar hutang pinjaman PEN.

“Kita bersyukur karena APBD tahun 2024 kita bisa menekan angka defisit dan bisa membayar hutang PEN”pungkasnya.

Penulis : Saldi
Editor : Fhatur Anjasmara

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here