Penandatanganan dokumen Musrenbang di Kecamatan Budong budong, oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah H Muh Amin Jasa, di saksikan Sekkab Mamuju Tengah Askary Anwar, Ketua Komisi II DPRD Mamuju Tengah Fathahuddin Al Gafiqi. (Dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Hari kedua pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2023 bertempat di Kecamatan Budong budong, Kabupaten Mamuju Tengah, pada Selasa (08/02).

Kegiatan Musrenbang di Budong budong, dibuka oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah H Muh Amin Jasa, disaksikan Sekertaris Kabupaten Mamuju Tengah Askary Anwar dan Kepala Bappeda Mamuju Tengah Litha Febriani, beserta dihadiri pimpinan OPD se Mamuju Tengah, perwakilan TNI/Polri, Kemenag Mamuju Tengah, Camat Budong budong, Tokoh masyarakat dan sejumlah stake holder terkait.

Pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Mamuju Tengah Litha Febriani, menyampaikan bahwa Musrenbang kali ini adalah tahun kedua penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), dimana seluruh penerapan sistem pengelolaan program dan keuangan, saling terhubung satu dengan yang lainnya.

“Semua pelaksanaannya berbasis eletronik, sehingga mudah terkontrol satu dengan yang lainnya, dengan menerapkan satu data seindonesia” jelas Litha.

Ketua Komisi II DPRD Mamuju Tengah Fathahuddin Al Gafiqi ditempat yang sama, mengungkapkan DPRD telah memberikan dukungan kontribusi percepatan dalam segala urusan yang telah di sepekati antara pemerintah dan DPRD.

“Seperti penuntasan dokumen pendukung pembahasan RPJPD, RPJMD, dan RTRW, telah kami selesaikan bahkan telah kami sahkan dengan waktu yang lebih cepat dari perkiraan, ini juga penanda bahwa tugas kami di DPRD sesuai dengan amanah UU 23 telah selesai, dan semoga dengan Musrenbang hari ini, setiap usulan yang muncul dari bawah adalah usulan prioritas” ungkap Fathahuddin.

Terpisah Wakil Bupati Mamuju Tengah H Muh Amin Jasa, k kepentingan masyarakat, untuk itu sebelum musrenbang kecamatan ini dilaksanakan, sudah dilaksanakan musyawarah di tingkat desa dan seterusnya.

“Tujuannya untuk menginventarisasi dan menjaring apa yang menjadi kebutuhan di desa, sehingga kebijakan yang lahir itu sudah dibicarakan pada tingkat bawah,” singkat Amin.

Sementara dalam Musrenbang di Kecamatan Budong budong, dominan usulan yang muncul dari sejumlah pemangku kepentingan di 11 Desa di sana, adalah usulan program infrastruktur pemerintahan seperti perbaikan pelataran kantor camat, ruang petemuan di kantor camat, pupuk bagi petani di wilayah Budong budong, pengadaan bibit jagung, pengadaan perahu dan mesin katinting, peningkatan akses jalan penghubung antara desa dalam wilayah kecamatan Budong budong.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here