oleh

Desa Kalepu dan Karampuang Terpilih Jadi Pilot Project DRPPA Kementerian

banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Desa Kalepu Kecamatan Tommo dan Desa Karampuang Kecamatan Mamuju terpilih menjadi pilot project Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (RDPPA) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Mamuju, DR. Khatma Ahmad yang membuka gelaran forum OPD RDPPA di aula kantor Bupati Mamuju menyebutkan, hanya terdapat dua kabupaten di Sulbar yang menjadi percontohan, termasuk Kabupaten Mamuju pada Desa Kalepu dan Desa Karampuang.

Ini adalah kepercayaan yang harus kita jawab, sebab persoalan kesetaraan gender dan perlindungan anak memang saat ini menjadi salah satu fokus pembangunan nasional yang harus mendapat perhatian bersama, kata Khatma. Jumat, 24 Mei 2022.

Kepala desa Kalepu, Indo Upe mengatakan kesiapannya untuk menyukseskan upaya pemerintah dalam mendorong desa yang ramah perempuan dan peduli anak, meskipun diakui selama ini sebelumnya Desa Kalepu telah cukup banyak melaksanakan kegiatan dalam upaya yang sama, seperti pengorganisasian perempuan di desa, hingga adanya sekolah perempuan dan forum anak juga telah dibentuk di desa yang dipimpinnya, namun demikian ia mengaku tantangan yang cukup berat adalah adanya tatanan sosial yang telah terbentuk cukup lama di desa yang mayoritas melakukan aktifitas pertanian tanaman jagung, sehingga disiang hari para ibu-ibu harus bekerja keladang dan secara outomatis meninggalkan anak-anak mereka dirumah tanpa pendampingan yang lebih intensif

“Ini adalah tantangannya, dan kita akan terus berupaya memikirkan solusi untuk mencari jalam terbaik atas kondisi tersebut,” tandasnya.

Selebihnya, Upe berharap dukungan dari semua elemen masrakat, terutama pula sinergitas antar pemangku kepentingan, baik ditingkat desa, kabupaten hingga provinsi yang dapat terjalin dengan baik, sehingga upaya yang dilakukan dapat lebih terarah serta terpadu.

Kegiatan Forum DRPPA yang dihadiri sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Mamuju, juga dihadiri oleh kepala DPPA dan KB Provinsi Sulawesi Barat, Djamila, SH., MH, serta Sekretais Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, Kementerian PPPA RI, Drs, Hendra Jamal.

Adv. Diskominfosandi Mamuju

Bagikan

Komentar