Potongan vidio berisi adegan polisi mengamankan Ketua KPPS di Makassar, saat pemilu 2019 lalu. (dok Int)
Mamuju, Katinting.com – Beredar sebuah vidio pendek, di sejumlah group perpesanan WhatsUp, di masyarakat, dan ramai dibagikan oleh pengguna perpesanan tersebut, yang berisi warga Makassar menangkap pemilih siluman.
Video disertai narasi: “Warga Makassar. Garang terhadap kecurangan Pemilu, Pak RT dilabrak, Bawaslu menghilang. Harap kepada semua relawan AMIN, bisa mencontoh ketegasan ini…”
Lantas apakah benar, warga malabrak Pak RT di Makassar, usai menangkap pemilih siluman pada Pileg 14 Februari 2024 lalu ?, berikut faktanya. Oleh pemeriksa fakta katinting.com, melakukan penelusuran di google pencarian, dan ditemukan link berita yang mengungkap kejadian tersebut.
Adalah media tempo.co.id melalui tim CekFaktanya, telah mengungkapkan kejadian tersebut, dan menyatakan keliru, apa yang dinarasikan oleh vidio tersebut.
Melalui Link : https://cekfakta.tempo.co/fakta/2785/keliru-video-yang-diklaim-warga-makassar-tangkap-pemilih-siluman-pada-pemilu-14-februari-2024 Pemeriksaan Fakta mengungkap hasil video yang beredar tersebut terkait Pemilu 2019, bukanlah terjadi saat Pemilu 2024.  Saat itu, Ketua KPPS serta dua orang pemilih siluman kepergok saat hendak melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Kelurahan Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Pemilihan Umum 17 April 2019.
Video yang identik pernah diunggah ke YouTube oleh kanal Tribun Timur pada 19 April 2019 dengan judul “Polsek Rappocini Amankan Ketua KPPS dan Dua Pemilih ‘Bayangan’, Ini Kasusnya”.
Bahkan pemeriksa fakta juga menemukan Video identik lainnya juga diunggah ke YouTube pada 19 April 2019 oleh kanal Media Sulsel dengan judul “Lagi Transaksi Suara, Ketua KPPS ini digerebek Warga dan Polisi”.
Sehingga kesimpulan CekFakta katinting.com, vidio yang beredar sepekan terakhir di group perpesanan whatsUp tersebut adalah keliru. Dan Tim CekFakta Katinting.com, berharap kepada pembaca kiranya, dapat memastikan kebenaran informasi sebelum mengshare vidio atau berita yang tak jelas sumber infonya. (CekFakt/Fhatur Anjasmara)
Bagikan
banner 728x90
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here