Potongan gambar sumber media, yang memastikan kebenaran informasi penutupan TPS 04 Babussalam Riau. (dok Int)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sejumlah group WhatsUp di Sulawesi Barat, dalam 24 jam terakhir beredar sebuah narasi menggambarkan salah satu TPS di Riau, ditutup karena ada pelanggaran pada 14 Februari 2024 lalu.

TPS yang ditutup menunjuk TPS 04 Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, karena ditemukan kertas suara yang sudah tercoblos beserta pemalsuan tanda tangan.

Narasi yang beredar tersebut “Breaking News, TPS 04 Kelurahan Babussalam bermasalah dan perhitungan suara semuanya dibatalkan karena ada kecurangan. Hak memilih suara sudah dicoblos duluan dan ditandatangani sendiri mengakibatkan TPS 04 ditutup, ini adalah salah satu bentuk kecurangan Pemilu 2024” beber penulis narasi breaking news.

Untuk itu tim CekFakta www.katinting.com, segera melakukan penelusuran inforrmasi kebenaran narasi pendek menggambarkan suasana TPS 04.

Dikolom pencarian google, tim melakukan penelusuran dengan menggunakan kata dari narasi dari breaking news, dan tim CekFakta menemukan beberapa fakta yang terkait dengan beredar.

Berdasarkan hasil penelusuran tim CekFakta, menemukan dua link berita yang terkonfirmasi kebenaran infonya, bahwa benar terjadi penutupan TPS 04 Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau pada tanggal 14 Februari 2024 kedua link tersebut adalah dari link berita Cek Fakta Tempo.co berikut linknya : https://cekfakta.tempo.co/fakta/2787/benar-video-tentang-tps-04-kelurahan-babussalam-ditutup-karena-ada-pelanggaran dan dari link riau24jam.com berikut linknya : https://riau24jam.com/2024/02/14/dugaan-pemalsuan-tandatangan-di-tps-04-babussalam-bawaslu-bengkalis-rekomendasikan-psu/

Olehnya atas hasil penelusuran tersebut, tim CekFakta laman ini menyimpulkan bahwa narasi breaking news yang beredar disejumlah group WhatsUp di Sulawesi Barat, adalah benar . Di mana dari dua link tersebut diatas, terungkap jika narasi tersebut merupakan narasi yang mengikuti Vidio yang telah ditayang di dua media tersebut di atas.

Karenanya kami tetap berharap kepada masyarakat, kiranya membagikan informasi yang sumber infonya benar dan dapat dipertanggungjawabkan. (CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here