Tangkapan layar, dari vidio yang berisi klaim Caleg Dari Ciwidey Gantung Diri, Setelah Kalah dan Habis Uang Rp.1 Miliar" (dok Ist)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pengguna media sosial di Mamuju, Sulawesi Barat, dihebohkan oleh sebuah vidio pendek yang dibubuhi narasi bunuh diri karena kehabisan uang Rp.1 Miliar di Pemilu 2024.

Vidio dengan durasi panjang mencapai 06:34 tersebut, beredar luas di sejumlah group media sosial platform WhatsUp, sejak Kamis (22/02) pagi, dan membuat pemilik smartphone yang terafiliasi kesejumlah group WA hingga menimbulkan kehebohan.

Adapun narasi menyertai vidio tersebut “Caleg Dari Ciwidey Gantung Diri, Setelah Kalah dan Habis Uang Rp.1 Miliar”

Olehnya tim CekFakta laman ini, segera melakukan penelusuran sumber informasi vidio tersebut, dan di google pencarian ditemukan sejumlah petunjuk bahwa vidio tersebut tidak sesuai dengan narasi yang menyertainya dan bukan warga serta Caleg dari Ciwidey.

Itu ditunjukan dengan bantahan Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung AKP Dana Suhenda, mengemukakan bahwa tidak benar kejadian tersebut ada diwilayah hukum yang dipimpinnya.

Baca bantahan Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung di :

Viral Habiskan 1 Milyar, Caleg Gagal Bundir di Pohon Aren, Begini Klarifikasi Kapolsek Ciwidey

Namun, kemudian setelah tim CekFakta www.katinting.com melakukan pendalaman gambar beserta sisi objek gambar dalam vidio tersebut, tim CekFakta menemukan di menit 06:30 sosok yang sama dalam gambar dari berita yang tayang di salah satu media online, Baca : https://sumut.poskota.co.id/2022/02/13/tak-pulang-semalaman-rs-gantung-diri-di-pohon-aren yang tayang pada Februari 2 tahun silam, bukan vidio yang terkait kejadian Pemilu 2024.

Bahkan berita yang sama juga muncul di media online yang lain, Baca : https://daerah.sindonews.com/read/684867/717/pamit-ke-istri-beli-rokok-sinaga-ditemukan-tewas-tergantung-di-pohon-aren-1644742922 dan https://sumaterapost.co/pria-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-pohon-aren/

Kesimpulan

Dari fakta fakta tersebut di atas, maka tim CekFakta laman ini menarik kesimpulan bahwa Vidio yang beredar dengan klaim Caleg Gantung Diri Karena Habis Uang Rp.1 Miliar adalah tidak benar, sebab faktanya kejadian bunuh diri dengan gantung diri tersebut, melakukan bunuh diri, karena stres atas persoalan yang hadapinya, dan kejadiannya, di Desa Simbolon Tengko, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Dari fakta tersebut juga, tim CekFakta menyatakan bantahan Kapolsek Ciwidey, Polresta Bandung, Jawa Barat adalah benar.

Olehnya tim CekFakta berharap kepada pembaca semua, untuk memastikan kebenaran informasi, sebuah gambar atau vidio atau narasi info sebelum di share lebih luas, sehingga kita semua terbebas dari paparan informasi Hoax. (CekFakta : Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here