Foto Ketua DPRD Sulbar, Hj. St. Suraidah Suhardi. (Ist)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Masalah tumbuh kembang anak atau stunting masih menjadi pekerjaan rumah kita di Sulawesi Barat, bahkan juga menjadi masalah nasional. Untuk itu kata Ketua DPRD Sulbar, Hj. St. Suraidah Suhardi perlu peran semua pihak untuk membantu mengatasinya.

Hal itu disampaikan kepada wartawan usai acara Perluasan Safari Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) dalam rangka percepatan penurunan stunting dan gizi buruk berlangsung di Kelurahan Rangas yang dihadiri langsung Anggota DPR RI Komisi IV Suhardi Duka dari fraksi Partai Demokrat, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi dan pihak KKP Republik Indonesia.

Kata Suraidah, Stunting ini masalah nasional kita juga, yang kita ketahui bahwa tahun 2022 ini data nasional stunting kita ini masih ada 21,6%. Ini menjadi tugas kita semua untuk bisa menyediakan ikan sebagai salah satu bahan untuk ketahanan pangan agar dapat mencegah stunting dan gizi buruk.

“Sementara Sulawesi Barat itu masih 35%, nah ini menjadi tugas kita bersama bagaimana agar ikan ini semakin banyak kita sediakan, sehingga banyak dikonsumsi oleh ibu-ibu terutama pada saat hamil menyusui. Selain itu juga kepada anak-anaknya di masa pertumbuhan,” kata Suraidah, Jumat 14 April 2023.

Lanjut kata Suraidah, terkait dengan konsumsi ikan kita, secara nasional baru mencapai 56 kg per kapita per tahun jadi kalau 56 itu dalam satu tahun ibu bapak semuanya itu makan 56 kg ikan dibagi 365 sedikit sekali setiap harinya.

“Sedangkan di Sulawesi Barat sendiri konsumsi ikannya relatif tinggi, itu mencapai 50 kg, rumah tangga itu 41,62 kg. Tapi itu kan belum ditambah dengan konsumsi di luar rumah tangga, ini hanya di dalam rumah tangga sendiri. Nah sehingga kebutuhan untuk ikan sendiri hanya 8.000 ton padahal kalau saya melihat data produksi di Mamuju sendiri untuk tangkap sendiri ada 21.000 ton. Jadi sebenarnya masih banyak ikan yang bisa dikonsumsi namun belum dimaksimal, dan saya berharap ini dimaksimalkan”.

Masih kata Suraidah, harapan saya dengan adanya pertemuan ini, bisa menambah wawasan kita terkait pengelolaan ikan dan konsumsi ikan yang mempunyai kandungan gizi yang sangat luar biasa.

Dan ini juga bisa menjaga kita atau menanggulangi masalah stunting. Harapannya dengan adanya Safari gemar ikan ini bisa meningkatkan konsumsi ikan di rumah tangga dan pengelolaan ikan yang bernilai lebih ekonomis, imbuhnya.

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here