SDK saat sambutan pada acara safari gemarikan di Kecamatan Simboro. (dok. Anhar)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Perluasan Safari Gemarikan dalam rangka percepatan penurunan stunting dan gizi buruk berlangsung di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro yang dihadiri langsung Anggota DPR RI Komisi IV Suhardi Duka dari fraksi Partai Demokrat, Ketua DPRD Sulbar Hj. St. Suraidah Suhardi, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi dan pihak KKP Republik Indonesia.

Selain itu hadir juga sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat, anggota DPRD Sulbar Firman Argo Waskito dari fraksi Partai Demokrat, Camat Simboro M. Akbar serta peserta lebih dari dua ratus orang, pada hari Jumat, 14 April 2023.

Camat Simboro dalam sambutannya menyampaikan sebagai titik lokasi ibukota Provinsi Sulawesi Barat, Kecamatan Simboro masih kurang perhatian, banyak anggota DPR RI asal Sulbar, tapi baru satu yang hadir yaitu pak SDK (Suhardi Duka). Padahal menurutnya di Rangas tidak hanya bidang pertanian dan nelayan tapi juga ada sektor pariwisata yang terkenal sepeti Malauwa.

Mewakil kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Isjaturadija menyampaikan terima kasih kepada anggota Komisi IV Suhardi Duka, dengan kolaborasinya bisa melaksanakan kegiatan di Sulawesi Barat khususnya di Kecamatan Simboro, Mamuju.

Dijelaskan, Stunting merupakan masalah nasional, pada tahun 2022 ini data nasional stunting kita ini masih ada 21,6%. Ini menjadi tugas kami untuk bisa menyediakan ikan sebagai salah satu bahan untuk ketahanan pangan sesuai amanat dari Presiden. “KKP ini ditugaskan sebagai salah satu kementerian teknis untuk mendukung ketahanan pangan”.

Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi  juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Suhardi Duka yang senantiasa hadir di Mamuju memberikan bantuan dari aspirasinya. “Perhatian beliau (SDK) sangat luar biasa untuk Mamuju dan Sulawesi Barat, aspirasinya banyak untuk petani dan nelayan kita. Dan saya berharap tidak hanya aspirasi beliau, tapi betul-betul murni dari kementerian, juga kami harapkan kedepannya,” ungkapnya.

Kata Sutinah, di Kecamatan Simboro telah dibantu infrastruktur dari anggota DPRD Sulbar Firman Argo melalui aspirasinya, dan juga melalui upaya Pemerintah Kabupaten Mamuju pada tahun depan (2024) akan ada turunan anggaran untuk tanggul.

“Dukung terus pemerintah Kabupaten Mamuju sehingga bisa memberikan yang terbaik,” harapnya.

Suhardi Duka dalam sambutannya meminta masyarakat betul-betul memanfaatkan pangan ikan dengan baik, karena dengan begitu stunting dapat dicegah.

“Rata-rata orang eropa tinggi karena suka makan ikan, kalau disana ikannya Salmon dan itu bagus. Tapi kita di Mamuju ini tidak kalah bagus ikannya, karena banyak varian dan nilai gizinya tidak kalah dengan ikan salmon, sehingga saya harap ini betul-betul dimanfaatkan,” tutur SDK.

Masih kata SDK, kita harus sehat, kalau tidak sehat tidak bisa kita bekerja. Jadi kunci utama suatu masyarakat adalah kesehatan. “Kalau ada pemerintah yang peduli terhadap kesehatan rakyatnya, pemerintahannya itu keren. Pemerintah Kabupaten Mamuju sangat luar biasa perhatiannya, menjamin semua kesehatan rakyatnya 99% ditanggung oleh Bupati untuk kesehatan”.

Untuk itu pentingnya gizi diperbaiki biar anak kita cerdas. Sambung kata SDK, sekarang perbanyak makan ikan karena omega tiganya sangat baik untuk otak dan pertumbuhan, apalagi kalau anak-anak kasi bagus asupan gizinya biar sehat.

Pada kesempatan ini juga dibagikan paket pangan bahan ikan produk lokal Mamuju kepada semua peserta yang hadir

Foto bersama pada acara safari gemarikan di Kecamatan Simboro. (dok. Anhar)

(ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here