Peserta entrepreneur saat study banding di Jogja Tshirt.
banner 728x90

Yogyakarta, Katinting.com – Para pemuda perwakilan tiga Kabupaten di Sulbar, yakni Polman, Mamuju dan Matra yang berjumlah 60 orang mengunjungi Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melihat Wirausaha khas yang sedang berkembang di kota Gudeg. Kamis (06/04).

Rencananya para peserta selama tiga akan mengunjungi sentra kerajinan khas kota Gudeg, seperti pembuatan baju kaos khas Yogya di Jogja Tshirt jalan Jambon, RT 01/RW 19, Banturan, Trihanggo, Gampingan, Kabupaten Sleman.

Ditempat tersebut mereka melihat langsung proses sablon baju dengan motif khas, seperti para tokoh pewayangan dan tempat-tempat wisata Yogyakarta. Selain itu mereka juga melihat proses penjahitan hingga proses baju dipasarkan di gray.

Disana juga mereka juga dapat membeli baju tersebut untuk di jadikan oleh-oleh

Sebelum kunjungan, mereka diberikan materi dan motivasi untuk bisa mandiri berwirausaha selama dua hari di hotel berkah Mamuju.

Herdin Ismail kepala Dispora Sulbar saat di Mamuju mengatakan kunjungan untuk melihat sentra kerajinan Yogya diharapkan pemuda yang ikut program tersebut bisa belajar tata cara mengembangkan usaha dari UKM kecil hingga bisa menjadi perusahaan besar.

“Ini diharapkan bisa memberikan motivasi, agar pemuda bisa mandiri sehingga tidak melihat ukuran hanya menjadi PNS baru baru dikatakan sukses,” katanya saat memberikan materi.

Isu utama dalam kunjungan ini, adalah cara menjadikan potensi daerah bisa lebih bernilai ekonomis tinggi sehingga bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing.

Selain mengunjungi sentra pembuatan baju kaos, mereka juga melihat sentra pembuatan makanan khas bakpia Patok 25.

(Laporan : Srf)

Bagikan
Deskripsi gambar...