Kadis Transmigrasi Sulbar, H. Ibrahim saat berkoordinasi dengan pihak BPKH Wilayah VII Makassar.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sebagai upaya meningkatkan aksebilitas masyarakat di pelosok yang berada di pemukiman transnigrasi, Dinas Transmigrasi Sulbar sepanjang tahun 2017 hingga tahun 2021 telah membangun sejumlah prasarana fasilitas umum.

Prasarana fasilitas umum itu berupa jalan dan sarana air bersih. Hal ini tentunya untuk meningkatkan ekonomo masyarakat di kawasan transmigrasi.

“Untuk peningkatan akses masyarakat, antara lain pembangunan sarana air bersih sebanyak 646 unit, jamban keluarga 715 unit, Fasum transmigrasi 38 unit dan fasum penerbitan sertifikat lahan sebanyak 949 sertifikatat,” kata Kepala Dinas Transmigrasi, H. Ibrahim.

Dia mengungkapkan, Dinas Transmigrasi juga telah menghubungkan akases jalan transmigrasi ke jalan provinsi sepanjang 80 kilometer.

Secara detail, Ibrahim menjelaskan, terkait capaian program pembangunan jalan sepanjang tahun 2017 – 2021 meliputi, segmen pertama sepanjang 25 kilometer dan 5 jembatan beton dari Sika, Mamasa ke arah Matangnga, Polman yang terealisasi pada tahun 2014-2018.

Segmen kedua sepanjang 9 kilometer dari Taramanuk Tua ke Ratte menggunakan Dana APBN Transmigrasi pada tahun 2023. Segmen tiga sepanjang 14 kilometer dari Ulumanda Kolehalang ke Tammeroddo Majene tahun 2013-2015. dan Segmen keempat, 5,6 kilometer daru Ratte Polman ke ulumanda pada tahun 2024.

“Kemudian target prioritas Distrans Sulbar pada tahun 2023-2026 sesuai Perpres nomor 50 tahun 2018 tentang koordinasi dan penyelenggara transmigrasi, dicanangkan progam pembengunan jembatan permanen/semi permanen sepanjang 164 meter,” sebut Ibrahim.

Berikut target prioritas Dinas Transmigrasi Sulbar tahun 2023-2026; Pembangunan pemukiman transmigrasi melalui Dana APBN/APBD Sulbar (SP. Pusat KSP, KPB), Pebangunan jalan antar alterntif sepanjang 24,8 kilometer dikawasan/Kabupaten Polewali Mandar-Majene-Mamasa guna mendukung ketahan pangan subar dan IKN.

Penyertaan investror sebelum atau setelah pembangunan pemukiman transmigrasi dalam mendukung prukades di 221 Desa.

Alokasi dana pedat karya tunai desa dalam renja Dinas Transmigrasi Sulbar untuk 221 Desa Kawasan Transmigrasi. Pendidikan dan pelatihan warga dalam APDB Sulbar di 221 Desa.

Penataan pertanahan HPL, SHM Desa sesuai PKS antara Dinas Transigras Sulbar denagn Kanwil ATR BPN Sulbar. dan penataan dan persebaran penduduk dengan fasilitas penempatan.

(ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here