banner 728x90

Sediakan Layanan Pengaduan, Ombudsman Pantau UN Se Sulbar

797 views
banner 728x90
Rapat Ombudsman Sulbar

Rapat Ombudsman Sulbar

 

Katinting.com, Mamuju – Berdasarkan Surat Edaran Ombudsman Republik Indonesia, mewajibkan setiap Kantor Perwakilan Ombudsman RI diseluruh Indonesia agar turut memantau dan mengawasi penyelengaraan Ujian Nasional Tahun 2016. Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015, tentang penilaian hasil belajar oleh pemerintah melalui ujian nasional dan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan melalui ujian sekolah, Madrasah, Pendidikan Kesetaraan pada jenjang SMP/Mts atau yang sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat.

Menindaklanjuti Surat Edaran tersebut, Minggu (03/04), jajaran Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat, menggelar rapat persiapan dalam rangka pelaksanaan Pemantauan Ujian Nasional di enam kabupaten di Sulbar. diantaranya, Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah Dan Kabupaten Mamuju Utara. Yang akan dilaksanakan secara serentak pada Tanggal 4 April 2016.

Langkah ini diharapkan dapat menekan perilaku maladministrasi dalam pelaksanaan ujian, sehingga UN tahun 2016 dilaksanakan secara baik, tertib, akuntabel, dan para  peserta didik dapat memperoleh hasil maksimal dan adil.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar, S Pd. M Si. Mengatakan. Penyelenggaraan UN kerapkali menimbulkan kontroversi, terutama menyangkut persoalan pencetakan dan distribusi soal lembar jawaban, serta penilaian hasil UN, atas dasar itu sehingga Ombudsman selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik, harus terlibat memantau setiap proses pelaksanaan UN pada jenjang SMA dan SMP.

“Mengantisipasi persoalan yang kerapkali muncul dalam pelaksanaan ujian nasional, seperti pencetakan dan distribusi soal lembar jawaban, sehingga ombudsman selaku lembaga negara yang bergerak dibidang pengawasan layanan publik, ikut terlibat memantau proses pelaksanaan Ujian Nasional,” ungkap Lukman.

Lukman Menambahkan, jika menemukan tindakan maladministrasi dalam proses pelaksanaan ujian nasional, bisa menyampaikan laporan melalui telepon ke nomor  0852-4222-4704 atau situs resmi lembaga di www.ombudsman-sulbar.go.id atau melalui email ombudsmansulbar@yahoo.go.id dan Facebook ombudsman sulbar.

“Setiap warga Sulawesi Barat, yang merasa dirugikan atau menemukan adanya tindakan maladministrasi dalam pelaksaan ujian nasional dapat menyampaikan laporan langsung ke kantor Ombudsman Sulbar, atau beberapa layanan seperti telefon, email, dan facebook Ombudsman Sulbar,” tutup Lukman. (Hms)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.