banner 728x90

SDM Karampuang di Prioritaskan  

1064 views
banner 728x90

IMG_9679

Katinting.com, Mamuju – Adalah salah satu desa yang terletak dalam wilayah Kecamatan Mamuju, yang secara geografis sangat strategis dalam tata kelola baik dari segi pengembangan perikanan nelayan juga berpotensi bagi kemajuan pariwisata.

 

Potensi dalam memajukan wisata pulau Karampuang tidak terlepas dari nilai budaya yang kini telah hampir hilang terbukti dengan pudarnya beberapa nilai-nilai budaya seperti masakan tradisional yang berpotensi untuk menjadi sebuah nilai jual yang cukup tinggi.

 

Dalam mengembangkan dan memajukan potensi suatu daerah tidaklah semudah yang diharapkan karena selain infrastruktur dan pembangunan yang harus di perhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) juga merupakan prioritas yang utama.

 

Sesuai dengan harapan Supriadi selaku Kepala Desa Karampuang, yang disampaikan melalui Sosialisasi Alat Penangkapan Ikan yang Sehat dan Ramah Lingkungan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamuju, mengatakan selain pembangunan dan infrastruktur yang jadi prioritas, “Kami juga berharap agar kiranya pendirian pasar bisa dilakukan di desa ini, melihat kondisi dan jarak tempuh yang agak jauh menuju kota Mamuju dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.”

 

Pada kesempatan tersebut H. Irwan SP Pababari selaku Wakil Bupati Mamuju yang telah hadir pada kegiatan tersebut, melalui sambutannya mengatakan, “Dalam membangun dan mengembangkan suatu wilayah bukan hanya infrastruktur dan pembangunan yang jadi patokan melainkan pengembangan SDM yang harus diprioritaskan, karena apalah arti infrastruktur dan pembangunan bagus namun pola pikir dan kepribadian masih kurang.”

 

Selain SDM yang harus ditingkatkan, beliau juga mengatakan bahwa Karampuang ini telah kaya akan budaya namun hal ini sedikit demi sedikit telah terkikis dan mulai hilang, “Padahal hal ini bisa menjadi dasar dalam membangun Karampuang menjadi salah satu ojek wisata Mamuju, melihat nilai dan potensi budaya tersebut terbilang tinggi nilai jualnya,” jelasnya. (HMS)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.