oleh

Satrekrim Tangani Kasus Penerbitan Sporadik Tanah Bersertipikat Warga Pangiang

banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Kasus penerbitan sporadik di atas tanah bersertipikat milik warga desa Pangiang, kini ditangani Satreskrim Polres Pasangkayu.

Iptu. Ronald Suhartawan membenarkan hal itu kala dihubungi media ini, Sabtu, 2 April 2022 melalui sambungan ponsel. Kata Kasat Reskrim Polres Pasangkayu itu, kasus ini sementara tahap penyelidikan.

Masalah ini juga ditanggapi salah satu anggota DPRD Pasangkayu, Yani Pepi Adriani. Menurut dia, kades tidak punya hak menerbitkan sporadik di obyek yang sama (tanah bersertipikat).

“Karena dasar SHM itu sporadik. Artinya lahan yang sudah memiliki SHM pasti juga sudah terbit sporadiknya sebagai dasar,” tutur Yani.

Jadi, lanjut Yani, jika kades melakukan itu, sama saja telah melakukan pungli. Dan, itu pasti pidana.

Suwono Budi Hartono juga berkomentar soal ini. Kepala Kantah ATR/BPN Pasangkayu itu mengatakan bahwa sertipikat merupakan tanda bukti hak yang sah berdasarkan peraturan perundangan.

“Terkait dengan penerbitan sporadik atas nama orang lain, yang bisa menjelaskan pejabat yang mengeluarkan sporadik tersebut,” kata Suwono, via pesan, Sabtu, 2 April 2022.

Sementara kades Polewali, Mujais yang dihubungi media berulang kali mengaku telah menarik sporadik tersebut dan diamankan di kantor desa. Dia tidak menjelaskan secara rinci alasan menerbitkan sporadik.

Arham Bustaman

Bagikan

Posting Terkait

banner 728x90

Jangan Lewatkan

Komentar