Komisioner Bawaslu Majene, Yanti Rezki Amaliah, Sofyan Ali, Edyatma Jawi. (Ist)
banner 728x90

Majene, Katinting.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (sulbar), mengusulkan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kecamatan Banggae dan Banggae Timur.

Saat di konfirmasi katinting.com, Senin 19 Februari 2024, Ketua Bawaslu Kabupaten Majene, Sofyan Ali, menyampaikan PSU direncanakan akan dilaksanakan besok, tanggal 20 Februari 2024.

Tiga TPS yang akan mengadakan PSU tersebut terletak di Kecamatan Banggae Timur, yaitu TPS 6 Labuang dan TPS 13 Labuang Utara, serta satu TPS di Kecamatan Banggae, TPS 24 Kelurahan Pangaliali.

Lanjut Sofyan Ali, menyampaikan bahwa rekomendasi tersebut berdasarkan laporan dari Panitia Pengawas Kecamatan yang menemukan adanya dugaan pemilih bukan penduduk setempat yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sofyan Ali menjelaskan, “Kami sudah melakukan kajian berdasarkan laporan dari anggota Panwascam kami. Di Kecamatan Banggae Timur, ditemukan adanya warga non-lokal yang menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Labuang dan TPS 13 Labuang Utara.”

Selain itu, di Kecamatan Banggae, di TPS 24 Kelurahan Pangaliali, juga terdapat kasus serupa. Hasil Laporan Hasil Pengawasan (LHP) dari pengawas TPS tersebut kemudian dijadikan dasar untuk mengeluarkan rekomendasi PSU di dua kecamatan tersebut.

Sofyan juga menjelaskan perbedaan jenis pemilihan di TPS yang akan melakukan PSU. Di TPS 6 Labuang, hanya akan dilakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sementara di TPS 13 Labuang Utara dan TPS 24 Pangaliali, selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, juga akan dilakukan pemilihan DPR RI dan DPD.

“Jenis pemilihan berbeda-beda sesuai dengan karakteristik TPS masing-masing. Di TPS 6 Labuang, tidak ada pemilihan lintas Provinsi, sehingga hanya surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden yang disediakan. Sedangkan di TPS 13 Labuang dan TPS 24 Pangaliali, karena lintas Kabupaten, maka disediakan 3 jenis surat suara,” jelasnya.

(Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here