banner 728x90

Rakor KPU Sulbar, Pemkab Diminta Beri Bantuan Fasilitas ke KPU

974 views
banner 728x90
KPU SUlbar saat Rakor di Mamuju Utara

KPU Sulbar saat Rakor di Mamuju Utara

Pasangkayu, Katinting.com – Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Mamuju Utara (Matra), KPU Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemkab Matra, Selasa (14/06).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Matra Muhmmad Saal, Sekkab Matra M. Natsir, Ketua KPU Sulbar Usman Suhuria, anggota KPU Sulbar Nurdin Pasokkori, para komisioner KPU Matra, Ketua Komisi I DPRD Matra Uksin Djamaluddin, pimpinan Muspida, serta pimpinan SKPD lingkup Pemkab Matra.

Pertemuan itu membahas beberapa agenda terkait suksesi pelaksanaan Pilgub Sulbar 2017 mendatang. Salah satu agenda penting yang dibahas mengenai sejumlah bantuan fasilitas yang diharapkan dari Pemkab Matra untuk membantu melancarkan tugas-tugas KPU Matra.

Usman Suhuria menyebut bahwa dalam pelaksanaan Pilgub Sulbar kali ini, anggaran KPU Sulbar amat terbatas oleh karena itu, ia mengharapkan ada bantuan tambahan yang bisa diberikan oleh pemerintah ditingkat kabupaten.

Bantuan fasilitas yang diharapkan seperti sekretariat untuk penyelenggara tingkat desa, dan kecamatan sekaligus tenaga sekretariat yang membantu penyelenggara ad hock KPU ditingkat desa dan kecamatan tersebut.

Kemudian bantuan sosialisasi untuk menyukseskan pelaksanaan Pilgub Sulbar melalui pengadaan spanduk-spanduk seruan, atau dalam bentuk kegiatan lain.

Selanjutnya membantu memenuhi pengadaan baju Linmas yang akan melakukan pengamanan di TPS, serta membantu kelancaran dalam distribusi logistik pemilu ke TPS.

“Karena antara lain ketidakmampuan keuangan pemerintah provinsi, sehingga bagian-bagian anggaran yang sudah direncanakan itu tidak terpenuhi, maka jika memungkinkan Pemkab diharapkan memberi bantuan kepada KPU kabupaten pada kebutuhan yang tidak didanai oleh KPU Sulbar,” kata Usman Suhuria.

Ditambahkan, walaupun secara anggaran Pemkab juga mungkin mengalami keterbatasan, maka minimal bantuan itu bisa diberikan dalam bentuk kebijakan lain yang sifatnya mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilgub Sulbar.

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Matra Muhammad Saal mengaku siap membantu KPU untuk menyukseskan pelaksanaan Pilgub Sulbar, namun mengenai bantuan fasilitas yang telah disebutkan pihaknya akan tetap melihat sejauh mana kemampuan anggaran daerah untuk mem-beckup hal tersebut.

“Kalau masalah rekrutmen staf untuk membantu KPU Matra saya pikir tidak ada masalah, kalau masalah bantuan lain saya pikir terpulang pada kemampuan fasiltas yang dimiliki oleh Pemkab Matra” ujarnya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.