oleh

Raih Posisi Ketiga di Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia, Janji Dinas Pariwisata Sulbar Tak Kunjung Datang

banner 728x90
Sarifah, wakil dari Sulbar pada ajang Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia di Jambi.

Polman, Katinting.com – Sarifah Asia S. Husain Alqadri, dara Kelahiran Paropo, Polman 2001 berhasil masuk nominasi Top 7 Duta Kebudayaan Indonesia mewakili Provinsi Sulawesi Barat.

Mahasiswa Manajemen Pariwisata API Yogyakarta itu berada diurutan ketiga setelah perwakilan dari Papua dan Lampung pada Ajang Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia dengan peserta dari 34 provinsi yang dilaksakan oleh Yayasan Arunika Cipta Abadi di Kota Jambi, 12-17 Oktober kemarin.

Selama lima hari mengikuti ajang pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia itu, Sarifah mengikuti beberapa item kegiatan seperti Parade Tradisional Kostum, ia menggunakan baju Pokko Mandar. Mempresentasikan kebudayaan tentang Suku Mandar, Siwali Parriq dan Sayyang Pattudu.

Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia di Jambi.

Selanjutnya, unjuk bakat koroefgrafi tarian Melayu, debat Head to Head tentang Kebudayaan di Indonesia dan kunjungan ke Museum Siginjai, Museum Perjuangan Rakyat Jambi dan Museum Gentala Arashy serta kunjungan ke objek Wisata Jambi.

Bukan hal muda untuk dara berusia 20 tahun itu mengikuti ajang pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan di Jambi demi mempromosikan kebudayaan di tanah Mandar.

Ia kesusahan mencari bantuan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang akan digunakan selama mengikuti kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu.

Dia sangat berharap akan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulbar untuk membawa nama Sulbar dikancah Nasional. Namun ia hanya mendapat janji dari Dinas Pariwisata Sulbar.

Sarifah akhirnya bisa berangkat ke Jambi setelah mendapat bantuan dari beberapa dermawan. Meski dana yang terkumpul tersebut masih dirasa kurang namun ia manfaatkan sebaik mungkin.

“Dinas pariwisata Provinsi (Sulbar) ini masih dijanji ka‘, disuruh ma kirim no rekening, tapi maumi lagi 1 mingguan, belum konfirmasinya,” kata Syarifah kepada Katinting.com, Minggu (30/10/21).

Sarifah sangat berharap kepada Pemprov Sulbar untuk memberikan perhatian untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan yang diikuti oleh anak-anak muda Sulbar. Apalagi dalam rangka mempromosikan budaya di kancah Nasional.

“Kedepannya semoga bisa berkolaborasi dengan pemerintah dan dinas terkait untuk kegiatan-kegiatan berbasis budaya dan pariwisata,” tutup Sarifah.

Berikut nama-nama di Top 7 Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan di Jambi :

1. Evi Pattiradjanawe, Papua

2. Martha Ayu Shafitri, Lampung

3. Sarifah, Sulawesi Barat

4. Gianda Putri dari Jambi

5. Nadya Azwarelda, Kalimantan Timur

6. Vida Rofika Miladiah Jawa Timur

7. Khairinnisa Maharani Putri, Riau

(Zulkifli)

Bagikan

Komentar