Proses akreditasi Puskesmas di Mamasa. (Dok. Saldi)
banner 728x90

Mamasa, katinting.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, menjalani proses akreditasi pada Rabu, 6 Desember 2023. Puskesmas ini merupakan yang ketujuh dari 18 Puskesmas yang akan diakreditasi di Kabupaten Mamasa.

Tim Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) Korwil Sulawesi Selatan, Irawati dan Akmal, melakukan penilaian fasilitas di Puskesmas Tabulahan. Asisten 2, mewakili PJ Bupati Mamasa, Imanuel, kepala Dinas Kesehatan Mamasa Ratna Sari Dewi, dan para kepala Desa di Kecamatan Tabulahan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Irawati, saat diwawancarai oleh awak media, menyatakan bahwa penilaian Re-Akreditasi melibatkan beberapa tahapan, seperti penelusuran dokumen, wawancara pimpinan, peninjauan lapangan, serta wawancara lintas sektor. Namun, hasil akreditasi saat ini belum dapat diumumkan karena tugas tim hanya mengamati dan menyusun laporan hasil penilaian untuk diserahkan melalui aplikasi sinap ke Kementerian Kesehatan.

“Ikhtisar dokumen menunjukkan semua persyaratan akreditasi Kementerian Kesehatan telah dipenuhi oleh Puskesmas Tabulahan,” ungkap Irawati.

Kepala Puskesmas (Kapus) Tabulahan, Iryanna, menyampaikan optimisme dalam meraih Akreditasi Madya hingga Paripurna. Meskipun proses penilaian dilakukan setiap lima tahun sekali, Iryanna yakin bahwa Puskesmas ini memiliki potensi untuk mendapatkan penilaian tertinggi karena fasilitas, mutu pelayanan, dan kualitas SDM-nya sudah sesuai standar.

“Kami yakin dengan kualitas layanan kami yang telah memenuhi syarat, Puskesmas Tabulahan akan mencapai tingkat akreditasi tertinggi,” tutur Iryanna.

Selain itu, Iryanna menyoroti bahwa meskipun Puskesmas sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), izinnya belum dikeluarkan sejak pemasangan. Namun, pihaknya telah berupaya mengatasi masalah ini dengan mengajukan permohonan izin ke dinas terkait.

Penulis: Saldi
Edit: Anhar

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here