Sosialisasi GERMAS di kantor Desa Bonde-bonde. (Iqbal)
banner 728x90

Majene, Katinting.com – Puskesmas Sendana II, Desa Bonde-bonde, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Pola Hidup Sehat (GERMAS), di aula Kantor Desa Bonde-bonde, yang hadiri Kepala Desa, Dusun dan masyarakat sekaligus kader Posyandu dari beberapa dusun. Rabu (18/4).

Sosialisasi tersebut memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana cara mencegah penyakit tidak menular dan memahami pola hidup sehat.

Menurut Sakiah Syamsuddin, dulunya penyakit menular yang tren justru hari ini terbalik, penyakit tidak menular yang tren dan penyakit yang menular agak menurun, makanya pemerintah programkan GERMAS.

Terkait hal tersebut, Sakiah mengatakan, informasi ke masyarakat masih kurang, sebagai petugas kesehatan yang ada di Puskesmas realisasi atau sosialisasi kegiatan GERMAS, tentang Hidup sehat dan pencegahan penyakit tidak menular harus dilakukan.

Untuk realisasi program GERMAS itu sendiri, masyakat harus memperhatikan 3 Pilar, pertama, aktifitas fisik, kedua, cek kesehatan rutin pos kesehatan terdekat, dan ketiga makan buah-buahan.

Lanjut Sakiah Syamsuddin, S.Kep selaku pemateri dalam kegiatan ini, mengatakan kegiatan ini tidak hanya di laksanakan di satu desa saja, melainkan di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Tubo Sendana.

Sakiah Syamsuddin berharap masyarakat Desa Bonde-bonde betul melakukannya, karena sangat luar biasa dampaknya bagi masyarakat Desa Bonde-bonde bila hidup sehat.

Dan setelah kegiatan sosialisasi dari semua Desa yang ada di Kecamatan Tubo Sendana ini, kami dari pihak Puskemas, khususnya di bidang Promkes, akan buatkan jadwal untuk kembali ke masyarakat mengontrol agar program GERMAS ini bisa tetap berjalan. Tutup Sakiah Syamsuddin, S. Kep.

Pada kesempatan yang sama, selaku kepala Desa Bonde-bonde dan mewakili setiap Dusun, menganggap kegiatan seperti sangat bermanfaat untuk masyarakat yang di semua Desa, khususnya di Desa Bonde-bonde.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut untuk demi masyarakat sehat,” ucap Nuruddin, S.P.

(Iqbal)

Bagikan
Deskripsi gambar...