banner 728x90

Program Swasembada Pangan, Danpusterad TNI Minta Pemkab Matra Beri Solusi Pasca Panen

banner 728x90
Danpusterad dan Bupati Matra melakukan kunjungan ke lahan rencana pembangunan Kodim Matra dan ke pabrik CPO di kecamatan Bambalamotu

Danpusterad dan Bupati Matra melakukan kunjungan ke pabrik CPO Bambalamotu

Katinting.com, Pasangkayu – Program percepatan pembukaan lahan persawahan dalam rangka Indonesia menuju swasembada pangan yang digagas oleh Kementrian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan TNI, juga mulai direalisasikan di Mamuju Utara (Matra).

Di Matra, target percetakan sawah baru seluas 1180 hektar, dimana dalam pengurusan berkas sudah mencapai 169 hektar, dan yang sudah realisasi mencapai 90 hektar.

Terkait program tersebut, Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) TNI, Mayjen. TNI. Heboh Susanto mengharapkan Pemkab Matra turut terlibat aktif dalam menyukseskan program tersebut. Itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Matra, Jumat 1 April kemarin.

Kata jenderal bintang dua ini, bahwa pemkab Matra diharapkan berperan aktif terutama saat pasca panen, agar hasil panen petani bisa terwadahi dengan baik dipasaran.

“Jadi harus difikirkan bagaimana nanti pasca panen, supaya petani tidak kebingungan mau memasarkan kemana hasil panennya. Pemkab Matra mesti memikirkan agar hasil panen masyarakat terwadahi di pasar, dan bulog juga mesti ambil peran dalam hal ini,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa persoalan pasca panen ini mesti menjadi perhatian serius, agar hasil panen tersebut tidak hanya menguntungkan pengusaha tapi juga menguntungkan petani itu sendiri.

“Harapan saya juga kepada masyarakat, agar memiliki motifasi, karena mencetak sawah itu adalah bagian upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai swasembada pangan, dan ketahanan pangan,” imbuhnya.

Sementara itu, kedatangan Mayjen. TNI. Heboh Susanto di Matra sendiri dalam rangka pemantauan satuan teritorial di Sulbar, ia detamani beberapa perwira TNI lainnya, sepeti Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf. Syafruddin, dan Dandim 1418 Mamuju Letkol. Arh. M. Imran.

Disambut langsung oleh Bupati Matra Agus Ambo Djiwa dan Sekkab Matra M. Natsir di ke Rujab Bupati Matra. Disana dilaksanakan jamuan makan siang. Setelah itu rombongan Danpusterad dan bupati melakukan kunjungan ke lahan rencana pembangunan Kodim Matra dan ke pabrik CPO di kecamatan Bambalamotu. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.