Kampus UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan. (dok Int)
banner 728x90

 

Palembang, Katinting.com – Untuk kepentingan peningkatan wawasan dan pengetahuan kemahasiswaan, Prodi Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, menggelar pelatihan pemetaan partisipasih.

Kegiatan pelatihan pemetaan partisipasif yang kali pertama dilaksanakan ini, dalam rangka pemahaman mendalam tentang organisasi NGO baik nasional maupun internasional.

“Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Laboratorium Terpadu FISIP UIN Raden Fatah Palembang dengan SLPP Sumsel-Walhi” sebut Rustandi Adriansyah Ketua Dewan Nasional JKKP, Selasa (28/02) dalam rilisnya.

Katanya, dari kegiatan ini, tentu ada tumbuh kebutuhan kritis para mahasiswa yang menjadi peserta dalam pelatihan pemetaan partisipasif, agar lahir akademisi yang memiliki akurasi sosial yang tinggi.

“Sebab pola pikir yang kritis dan membangun, adalah modal penting bagi setiap mahasiswa, karena aksi aksi yang dilakukan dalam pemetaan partisipatif yaitu mengidentifikasi wilayah prioritas, pemetaan wilayah hadat, identifikasi hutan hadat, identifikasi usulan PS, tata batas Desa, perencanaan, advokasi kebijakan, dan dokumen usulan berbagai kebijakan.” ujar Rustandy.

Ia menuturkan model pemetaan partisipatif fungsinya meresolusi konflik dan membantu program perencanaan pembangunan, pemetaan partisipatif meresolusi perjuangan dalam rangka mewujudkan hak atas rakyat dalam berkeadilan dan menjujung tinggi nilai harkat dan martabat

“Model partisipatif ini adalah sebagai ilmu pengetahuan untuk ditransfer ke masyarakat.” tutur Rustandy.

Pelatihan pemetaan partisipatif JKPP SLPP Walhi-Sumsel baru pertama kali ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2021 dan Walhi adalah organisasi advokasi bagaimana mendorong dari luar kebijakan agar lebih baik.

“Dan kegiatan ini mampu mendorong mahasiswa prodi ilmu politik untuk memiliki pemikiran yang kritis serta dinamis dan mempunyai insting, cekatan dalam menganalisis sebuah konflik. Pemetaan Partisipatif merupakan satu proses pembuatan penghimpunan data mandiri dari masyarakat baik dari pemerintah maupun swasta” pungkas Rustandy. (Div/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here