Presiden Jokowi saat kunjungi kantor Gubernur Sulbar. (hms)
banner 728x90

Mamuju, katinting.com – Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Mengawali kegiatannya, Presiden Jokowi meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang sempat hancur saat terjadi gempa pada tahun 2021 lalu.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas Pendidikan di SMKN 1 Rangas Mamuju

Gempa berkekuatan 6,2 Mw yang terjadi pada 15 Januari 2021 melanda pesisir barat Pulau Sulawesi, menyebabkan banyak bangunan mengalami kerusakan berat, termasuk Kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kemudian memulai rehabilitasi dan rekonstruksi kantor tersebut pada 30 Agustus 2022, dan hasilnya telah selesai pada 2 Desember 2023.

Presiden Jokowi bersama rombongan melihat langsung hasil rehabilitasi dan rekonstruksi kantor tersebut, yang kini telah berdiri kokoh sebagai simbol ketangguhan dan perjuangan pemulihan pasca bencana.

“Rehabilitasi kantor ini adalah bukti komitmen pemerintah untuk membangun kembali daerah yang terkena dampak bencana dengan lebih baik dan lebih kuat,” ujar Presiden Jokowi.

Setelah meninjau Kantor Gubernur, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju SMKN 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, untuk meninjau fasilitas pendidikan di sekolah tersebut. Di sana, Presiden akan meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah infrastruktur pascabencana, serta Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Barat.

Selanjutnya, Kepala Negara akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Mamasa dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU melalui helipad Lapangan Tammajarra Korem 142/Taroada. Di Mamasa, Presiden Jokowi akan mengunjungi Pasar Tumpah Mamasa untuk melihat langsung kondisi pasar setelah direhabilitasi, serta meninjau fasilitas dan pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata.

Selesai berkegiatan di Kabupaten Mamasa, Presiden akan kembali menuju Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Barat antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh.

Kunjungan Presiden Jokowi ini tidak hanya sebagai bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah terhadap pemulihan pasca bencana, tetapi juga untuk memastikan pembangunan infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat Sulawesi Barat. (adve)

 

Bagikan
Deskripsi gambar...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here